oleh

Dikbud sultra dan Sampoerna Jamin Biaya Pendidikan Delapan Mahasiswa Terbaik di AS

-NEWS-132 dibaca

KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra bersama Putra Sampoerna Foundation (PSF) bakal menjamin biaya pendidikan delapan mahasiswa terbaik dari Bumi Anoa untuk mengikuti program summer semester di Universitas Arizona Amerika Serikat (AS).

Jaminan biaya pendidikan itu tertuang dalam MoU kedua pihak (Dikbud dan PSF) yang disaksikan secara langsung oleh Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio dan Head of Government Relations, Mutmainna Syahril.

“Lima mahasiswa yang kami jamin. Sedangkan tiga lainnya dijamin oleh sampoerna,” ucap Asrun Lio dalam keterangannya ditulis Senin, 07 Maret 2022.

Baca Juga : Peringati Isra Mi’raj, Wali Kota Kendari : Tugas Bagian dari Ibadah

Ia mengapresiasi kerjasama dengan sampoerna tersebut. Menurutnya, kerjasama itu menunjukan kemajuan pendidikan di Sultra.

“Delapan orang anak-anak terbaik kita ini pantas ke Amerika. Ini menunjukan perkembangan pendidikan kita yang luar biasa,” ujarnya.

Asrun membeberkan keberhasilan delapan mahasiswa itu memperoleh kesempatan mengenyam pendidika di salah satu perguruan tinggi terbaik di negara Paman Sam itu karena kemampuan akademiknya diatas standar yang ditetapkan sebagai persyaratan mengikuti pendidikan ke luar negeri.

Baca Juga : Pembalap ARS Kendari Team Berjaya di Motoprix 2022

Ia menjelaskan, selain nilai akademik persyaratan lainnya juga dilihat dari segi kesehatan mahasiswanya. Asrun berharap kesempatan tersebut mahasiswa-mahasiwa terbaik itu memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan menimba ilmu di salah negara adidaya tersebut.

“Semoga bisa memberikan kesan terbaik selama di sana nanti agar penerus selanjutnya dari Sultra juga termotivasi mempersembahkan yang terbaik. Ini searah dengan misi visi Pemerintah provinsi yaitu Sultra Cerdas yakni bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan dan mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul sebagai penjelasan salah satu pilar Sultra Emas,” terangnya.

Ia menambahkan dirinya berharap pihaknya dapat mengirim dua orang lagi mahasiswa asal Sultra setelah keduanya memenuhi persyaratan. “Program beasiswa ini sudah kita kerjakan dengan sampoerna dari 2019 lalu,” imbuhnya.

Penulis : Redaksi