NEWS

Dinas Perikanan Baubau Kampanyekan Gemar Makan Ikan untuk Anak-anak

784
×

Dinas Perikanan Baubau Kampanyekan Gemar Makan Ikan untuk Anak-anak

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse didampingi Kadis Perikanan, Yulia Widiarti (Tengah) saat menyerahkan paket ikan kepada masyarakat dalam kegiatan sosialisasi gemar makan ikan. Foto : Dinas Kominfo Kota Baubau.

BAUBAU,MEDIAKENDARI.COM – Dinas Perikanan Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengkampanyekan gemar makan ikan untuk anak-anak di daerah itu sebagai upaya menekan maupun menurunkan angka stunting melalui kegiatan sosialisasi gemar makan ikan, Senin 26 Juni 2023.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan Dinas Perikanan mengatasi stunting. Selain itu, juga berdampak pada usaha perikanan baik hasil tangkapan laut maupun budidaya.

“Ikan mempunyai nutrisi tinggi untuk menangani stunting. Anak-anak kadang menghindari makan ikan, mungkin bosan atau mereka tidak suka olahan yang mereka lihat. Kalau ingin Anak-anak gemar makan ikan itu kita buatkan inovasi agar anak mau makan ikan,” ungkap La Ode Ahmad Monianse dikonfirmasi usai kegiatan.

Menurutnya, dibeberapa kelompok masyarakat harus menyadari bahwa kebutuhan gizi antara orang tua dan anak perlu diseimbangkan khususnya diupayakan kerap mengkonsumsi ikan.

“Kami berharap ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang hadir dapat membantu kami pemerintah untuk mensosialisasikan pola makan yang baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan, Yulia Widiarti menyebut, kegiatan sosialisasi gemar makan ikan itu melibatkan masyarakat dari 12 Kelurahan di Kota Baubau yang terindikasi terdapat anak-anak yang terkena stunting.

“Ini adalah salah satu program prioritas Dinas Perikanan dalam penanganan stunting. Delapan sampai sembilan masyarakat kami undang sebagai perwakilan dari setiap kelurahan,” ucap Yulia.

Mantan Kepala BPKAD Kota Baubau itu menambahkan kegiatan itu juga sekaligus menunjukan kepada masyarakat berbagai olahan makanan dari ikan mulai dari es krim, kue, siomai, kerupuk, ikan katapai, abon dan lainnya.

“Kita libatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk berbagai macam olahan-olahan ikan air tawar, air laut dan budidaya,” ujar Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau itu.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page