NEWS

Dinkes Konawe Selatan Buka Suara Soal Lansia Dibawa ke RSUD Usai Vaksin

615
×

Dinkes Konawe Selatan Buka Suara Soal Lansia Dibawa ke RSUD Usai Vaksin

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Beredar informasi, seorang ibu bernama Riy (64) warga Desa Watudemba, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel)  dibawa ke RSUD Konsel, setelah mengikuti vaksinasi Covid-19 Jumat 08 April 2022.

Menanggapi hal tersebut, Plt Dinas Kesehatan (Dinkes), dr Boni Lambang mengatakan satgas covid-19 tetap melaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat di bulan Ramadan ini. Guna mengakselerasi capaian vaksinasi di daerah tersebut.

“Termasuk di Kecamatan Palangga, penyaluran BLT dirangkaikan pelaksanakan vaksinasi pada masyarakat, hari jumat kemarin,” ungkapnya saat dikonfirmasi Sabtu, 09 April 2022.

Baca Juga : Mantan Pecandu Ini Berhenti Pakai Narkoba dan Lakukan Rehabilitasi

Pria yang akrab disapa Dokbon ini menjelaskan pemberian vaksinasi terhadap ibu R sudah sesuai prosedur. Dimana tim vaksinasi puskesmas Palangga telah melaksanakan screening terlebih dahulu. Dan ibu R direkomendasikan untuk vaksin. Apalagi terkait penyakit kronis yang pernah diderita ibu R membuatnya sangat rentan sehingga disarankan untuk vaksin.

“Tentunya pemberian vaksinasi pada nyonya R, dimaksudkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat penyakit covid-19. Vaksin yang diberikan pada nyonya R di hari jumat pukul 10.00 wita kemarin adalah vaksin pfizer dosis 1,” jelasnya.

Pada saat itu, lanjut Boni, setelah mendapat laporan kondisi pasien, Dinas Kesehatan dalam hal ini petugas di Puskesmas beserta Satgas Kecamatan membawa pasien (ibu R) ke IGD RSUD Konsel sekitar pukul 19.00 wita.

“Oleh dokter dan tim IGD RSUD Konsel, pasien diperiksa. Dimana, Pasien mengalami gangguan lambung dan anemia karna penyakit lamanya. Selanjutnya pasien ditangani dengan diberikan pengobatan yang adequat,” terangnya.

Saat ini, kata dr Boni, pasien dirawat inap dan dalam kondisi stabil. Sambil dilakukan penanganan lanjutan. Ia menuturkan, kondisi pasien mengalami anemia karna penyakit lama atau kronis yang pernah dialami oleh pasien yang bersangkutan.

Baca Juga : DPD Wahdah Islamiyah Kolut Berbagi Ribuan Takjil

“Dan bukan diakibatkan oleh pemberian vaksinasi. Kami harap keluarga dan masyarakat tenang, nyonya R akan ditangani oleh Dinas Kesehatan sampai kondisinya sehat kembali, dan kita doakan semoga pasien dapat segera sehat,” pintanya.

Lebih lanjut Dokbon menyampaikan, Satgas covid-19 Kabupaten Konsel mengajak masyarakat untuk antusias dan berpartisipasi aktif melaksanakan vaksinasi dosis ke 2 dan vaksinasi lansia.

“Serta vaksinasi booster agar masyarakat makin terlindungi dan level PPKM Kab Konawe Selatan dapat turun dari level 3 ke level 2,” ajaknya.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page