NEWS

Dinsos Sultra akan Perbaiki Makam Oputa Yi Koo

1508
×

Dinsos Sultra akan Perbaiki Makam Oputa Yi Koo

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Sosial Sultra, Fahri Yamsul (sweater hitam) saat melihat makam Oputa Yo Koo. (Foto: Rahmat R.)

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Sultra tahun ini akan melakukan perbaikan dan penataan makam Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi Oputa Yii Koo yakni Sultan ke XX dan XXII yang berlokasi di Benteng Keraton Buton.

Kepala Dinas Sosial Sultra, Fahri Yamsul mengatakan, penataan ini adalah bentuk penghary daerah terhadap pahlawan nasional yang ada di Bumi Anoa.

Baca Juga : Distanak Provinsi Sultra Jamin Stok Pangan Aman Jelang Ramadan

“Salah satu program Dinas Sosial itu adalah terkait bagaimana makam Oputa Yii Koo ada rasa penghargaan kita di Sulawesi Tenggara sebagai pahlawan nasional. Sehingga Dinas Sosial telah memprogramkan untuk memperbaiki kawasan sekitar makam tersebut,” ungkap Fahri, Kamis (02/03/23).

Dalam penataan kawasan ini, Pemprov Sultra menyiapkan anggaran untuk tahap pertama sekitar Rp750 juta.

“Dimana disekitar kawasan tersebut akan ditata denhan baik dan indah. Semoga anggaran yang tersedia di dinas sosial bisa saling menunjang antara Masjid Keraton, Baruga Keraton, Patung Oputa Yi Koo dan makam Oputa Yi Koo menjadi tujuan wisata karena lokasinya semua tidak berjauhan,” kata Fahri.

“Dan yang paling inti bagaimana menghargai jasa pahlawan kita. Karena sekarang kan sudah dibangun Patung Oputa Yi Koo. Pada saat masyarakat berkunjung ke patung Oputa Yi loo bisa saja bertanya dimana makamnya, itu kita memperbaiki fasilitas di sekitar makam agar saling menunjang antara patung dan makam Oputa Yi Koo,” ucapnya.

Baca Juga : Tekan Inflasi Jelang Ramadan, Sekda Konsel Minta Satgas Pangan Siapkan Strategis Agar Pangan Tersedia

Ia menyebut, khusus anggaran tersebut akan difokuskan untuk penataan ruang terbuka hijau dikawasan sekitar makam oputa yii koo.

“Harahap kami ini selain penghargaan terhadap pahlawan nasional kita dari Sultra juga menjadi tempat belajar sejarah bagi masyarakat Sultra dan bagi anak-anak didik kita di sekolah-sekolah. Juga tentunya untuk menghasilkan ikon kota Baubau sehingga berdampak kepada berkembang ekonomi masyarakat kita,” pungkas Fahri.

Reporter: Rahmat R.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page