NEWS

Tekan Inflasi Jelang Ramadan, Sekda Konsel Minta Satgas Pangan Siapkan Strategis Agar Pangan Tersedia

582
×

Tekan Inflasi Jelang Ramadan, Sekda Konsel Minta Satgas Pangan Siapkan Strategis Agar Pangan Tersedia

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Hj St Chadidjah Meminta kepada Satuan Tugas (Satgas) Pangan untuk menyiapkan langkah stategis agar bahan pangan tersediah dan dijangkau oleh masyarakat jelang bulan suci Ramadhan.

Pesan itu disampaikan Sekda Konsel dalam Rapat Koordinasi (Rakor) satgas pangan yang dihadiri intansi terkait dan Forum Komunikasi pimpinan Daerah (Forkopinda) konsel. Bertempat diruang rapat Sekda Konsel. Kamis, 2 Maret 2023.

Dalam arahannya, Sekda Chadidjah menyampaikan rakor itu bertujuan agar inflasi dapat terus dikendalikan di kabupaten konawe selatan. Olehnya itu, dirinya menekankan kepada satgas pangan untuk betul-betul melaksanakan tugas dengan baik.

Meski kata dia, di konsel sendiri sektor pangan sangat memadai sebab konsel menjadi sala satu kabupaten penyuplai beras di kabupaten-kabupaten terdekat di Sultra bahkan hingga di luar provinsi seperti Sulawesi Selatan (Sulsel).

Baca Juga : Pertahankan Penghargaan Adipura, Pemkot Akan Lakukan Tiga Langkah Ini

” Tugas Satgas Pangan salah satunya memastikan bahwa tidak ada permainan di tengah kesulitan masyarakat atau pihak-pihak yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan, tidak ada spekulan dan penimbun komoditas yang terdampak inflasi,” terang Chadidjah.

Untuk itu mantan Kadis Perindag konsel ini berharap melalui Rakor ini, dapat mengambil langkah-langkah strategis bagaimana ketersediaan bahan pangan betul-betul sampai, tersedia, dan terjangkau harganya di tengah masyarakat.

” Yang sering menjadi kendala kita itu tidak singkronnya data kita. Makanya saya minta instansi terkait untuk melakukan pendataan yang kemudian di laporkan di instansi terkait,” tekan Chadidjah.

Tak hanya itu, Chadidjah juga meminta Satgas Pangan bersinergi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk melakukan kegiatan yang bisa menenangkan masyarakat, mencegah terjadinya panic buying, dan memastikan kehadiran pemerintah di tengah kesulitan melalui beberapa intervensi yang akan dilakukan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Baca Juga : Melonjaknya Harga Beras di Pasaran, Bulog Raha Imbau Pedagang Jangan Ada yang Oplos Beras

Menindaklanjuti hal itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Setia Ningsih Mangidi mengaku dalam waktu dekat pihaknya bersama tim satgas pangan bakal segera melakukan monitoring di pasar-pasar. Guna memastikan ketersediahkan bahan pangan dan harga yang stabil.

” Dalam waktu dekat kita akan segera melakukan monitoring sekaligus mendata ketersedian stok pangan serta mamastikan tak adanya lonjakan harga yang signifikan,” kata dia.

Selain itu, juga bakal mengecek semua sektor penyediah pangan untuk memastikan tak ada kendala dalam melakukan pendistribusian bahan pangan kepada masyarakat. ” Kami juga bakal melakukan pendataan terhadap penyediah pangan guna memastikan ketersedian pangan serta kendala yang dialami masyarakat,” tutupnya.

Penulis:Erlin.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page