oleh

Disnaker Baubau Mencoba Tingkatkan Produktivitas Pelaku UMKM

-NEWS-300 dibaca

BAUBAU, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelatihan peningkatan produktivitas para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di daerah itu, Senin 24 Oktober 2022.

Kepala Disnaker Kota Baubau, Moh Abduh mengatakan pelatihan tersebut sebagai upaya peningkatan dalam menjalankan usaha bagi pelaku UMKM. Ia berharap dari pelatihan itu pelaku UMKM bisa lebih optimal, efisien dan bergairah dalam menekuni usahanya.

“Pelatihan ini dianggap perlu untuk pelaku UMKM disaat adanya kenaikan harga BBM yang berdampak kemana-mana, termasuk mempengaruhi kemampuan daya beli masyarakat, kemampuan berusaha dan permodalan. Ini bagian dari strategi kita agar bagaimana supaya ke depan pelaku-pelaku UMKM ini bisa lebih baik,” ungkap Abduh.

Baca Juga : Tidak Miliki Program Kerja, Pj Bupati Muna Barat Ancam Copot Dua Kabid Bina Marga dan Kabag ULP

Menurutnya, dengan melatih pelaku UMKM pihaknya merasa dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Sebab, UMKM telah terbukti mampu bertahan saat diterjang pandemi yang sangat mempengaruhi perekonomian dunia.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan, Wa Ode Sumiati Rusli menambahkan peserta pelatihan peningkatan produktivitas diikuti 30 orang pelaku UMKM dengan mendatangkan Instruktur Muda Produktivitas Balai Perluasan Kesempatan Kerja Kendari, Amirullah sebagai narasumber pelatihan.

“Seorang wirausahawan harus mau dan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Mungkin jika berhasil dan sukses akan memperoleh pendapatan dan penghasilan yang sangat menggiurkan,” ujarnya.

Penulis : Ardilan