oleh

FHIL UHO Dorong Gagasan Adaptasi Perubahan Iklim Masuk Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah

Reporter : Hardiki dan Aisyah Khayrunnisa
Editor: Kang Upi

KENDARI – Jurusan Ilmu Lingkungan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) mendorong akar gagasan adaptasi perubahan iklim bisa termaktub dalam perencanaan pembangunan daerah.

Membawakan materi dalam kegiatan yang diikuti ratusan peserta dari disiplin ilmu ini, yakni Gubernur Sultra, Ali Mazi, Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M.Si., M.Sc., Ahli Regiolan planning, Dr. Ir. Sumbangan Baja M. Phil. dan Ketua Umum Jaringan Ahli Perubahan Iklim dan Kehutanan, Dr. Ir. Mahawan Karuniasa, M M.

Rencana tersebut dibahas dalam Semiloka ‘Internalisasi Adaptasi Perubahan Iklim Kedalam Rencana Pembangunan Daerah’ di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin, (4/11/2019).

Akademisi UHO, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si. menjelaskan, beberapa poin yang dibahas di Semiloka ini yaitu, ketahanan pangan dan ketahanan energi, kesehatan, Permukiman dan infrastruktur.

BACA JUGA:

Selain itu, ketahanan wilayah khusus bidang perkotaan, bidang pesisir, dan pulau-pulau kecil. Peningkatan kapasitas pemangku kepentingan, sistem informasi, dan sistem kordinasi.

“Mitigasi perubahan iklim hal ini agar mengurangi atau tidak menambah dari gas-gas rumah kaca, industri, dari kendaraan sehingga pemanasan global tidak terjadi,” kata Aminuddin Mane yang juga ketua Panitia Semiloka saat diwawancarai MEDIAKENDARI.com, Selasa (4/11/2019).

Sementara itu, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Sultra, Takdir mengaharapkan, gagaskan dalam kegiatan ini bisa terealisasi, karena dari hasil Semiloka ini dapat mengintervensi dokumen perencanaan pemerintah daerah.

“Kami dari Dinas Lingkungan mengaharapkan setelah apa yang didapatkan dalam Seminar dan lokakarya ini bisa direalisasikan, baik dari kegiatan-kegiatan pemerintah maupun masyarakat,” kata Takdir. (C)

Terkini