Kendari

Fit And Proper Test Calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Paparkan Visi Transformasi Polri

518
×

Fit And Proper Test Calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Paparkan Visi Transformasi Polri

Sebarkan artikel ini
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Pada Saat Menghadiri Fit And Proper Test di Gedung DPR RI, pada 20 Januari 2021. Foto: Ist

Reporter : Andri Sutrisno

KENDARI – Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjalani uji Kelayakan dan Kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri di hadapan anggita Komisi III DPR RI, Kamis 20 Januari 2021

Dalam pemaparan visi misinya, Jendral polisi berbintang tiga itu memperkenalkan visi transformasi Polri baru jika diberi tanggung jawab menjadi Kapolri menggantikan Jendral Pol Idham Aziz.

“Transformasi Polri akan saya lakukan dengan transformasi prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan yang kami perkenalkan sebagai konsep Polri yang Presisi,” papar Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Mantan Kapolda Banten ini juga menjelaskan, pihaknya tentu perlu banyak berbenah. Terlebih di masyarakat masih ada sejumlah pandangan negatif terhadap anggota Polri akibat kelakukan oknum.

“Perlahan saya akan ubah, tentang pelayanan berbelit-belit, anggota yang arogan, pungli, kekerasan dalam penyelesaian masalah, penanganan kasus tebang pilih, dan perilaku lainnya,” tegas Komjen Pol Sigit.

Kedepan, lanjut Komjen Pol Sigit , pelayanan Polri terhadap masyarakat akan semakin ditingkatkan. Pada sisi tampilan yang masih belum sesuai dengan pandangan masyarakat harus segera diubah.

“Tidak boleh ada lagi hukum tajam ke bawah tumpul ke atas, tidak boleh lagi ada ibu yang dilaporkan anaknya dan diproses. Dan tentunya kasus lain yang mengusik rasa keadilan masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, hukum yang baik merupakan, hukum yang di tegakkan secara humanis dan demi menciptakan keadilan masyarakat.

“Betul hukum harus ditegakkan, namun humanis. Di saat ini masyarakat butuh penegakan hukum demi keadilan masyarakat, bukan untuk kepastian hukum,” tutupnya. /C

You cannot copy content of this page