KendariKONAWE KEPULAUAN

Gempa Bumi M 3.3 Guncang Wilayah Konawe Kepulauan

258
×

Gempa Bumi M 3.3 Guncang Wilayah Konawe Kepulauan

Sebarkan artikel ini
ilustrasi

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Gempa bumi mengguncang wilayah Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara (Sultra) pukul 08:45:38 WITA, Sabtu 6 Juni 2020 di sebelah Tenggara Kendari. Data BMKG menunjukkan gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo 3.3 SR.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa Konawe Kepulauan tersebut terletak pada koordinat 4.05  LS, 123.08 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 52.2 km.

Berdasarkan hasil dari analisis BMKG, pusat gempa berada di darat 52.2 Km timur Tenggara Kendari, pada kedalaman 10 Km serta tidak berpotensi tsunami.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal di wilayah Konawe Kepulauan,”kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rose Amalia.

 Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Konawe Kepulauan II MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 10.00 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Selain itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,”tutupnya. (C)

You cannot copy content of this page