oleh

Grand Final Duta Pariwisata Mubar, Pemkab Harap Bisa Raih Juara di Tingkat Provinsi

-NEWS-432 dibaca

MUNABARAT, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lakukan pemilihan Putra Putri Pariwisata tahun 2022.

Ajang pemilihan Putra dan Putri Pariwisata telah berlangsung sejak 3 sampai 6 Oktober 2022, dengan melalui beberapa seleksi, yaitu tes unjuk bakat, tes wawancara, dan penampilan baju adat.

Di mana ada 12 grand finalis yang mengikuti berbagai tes penjurian, dan tepat pada hari Kamis (6/10/2022), terpilih Putra dan Putri Pariwisata terbaik Mubar, yaitu Yuli Harsela Mustamin asal Kecamatan Kusambi dan Matsunichi Naufal Bili asal Kecamatan Lawa.

Sekretaris Daerah Muna Barat, L.M Husein Tali mengatakan, bahwa 12 grand finalis tetap dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Mubar, ia meminta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk membuat program agar grand finalis tersebut menjadi Duta Pariwisata terbaik baik ditingkat Lokal maupun Nasional.

“Mereka harus hafal dimana objek wisata, maka harus dilakukan program agar mereka mampu mengajak dan memperkenalkan objek wisata kepada masyarakat lokal maupun luar daerah,” ungkapnya.

Baca Juga : Tingkat Taraf Hidup Masyarakat, Pemkab Konawe Salurkan Bantuan Hibah ke UMKM

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, La Ode Ali Kadirun mengatakan, dalam pemilihan Putra Putri Pariwisata, yaitu dengan merekrut dan menyaring generasi muda yang berpotensi untuk bisa memasarkan Pariwisata Mubar

“Dari senin jumlahnya 13 orang, tetapi satu ada kendala, maka 12 orang yang lanjut sampai grand final,” ujarnya, Jumat (7/10/2022).

Ia menyampaikan, dalam pemilihan Duta Pariwisata ini, Kabupaten Mubar juga menentukan beberapa kriteria, yakni mematok usia batas maksimal 25 tahun, tinggi badan untuk putri 155 cm dan putra 160 cm, memiliki bakat tersendiri, dan mampu berbahasa inggris.

Selanjutnya yang telah terpilih menjadi juara 1, 2, dan 3 akan dilakukan masa karantina rumah, untuk menghadapi seleksi tingkat provinsi, dan untuk persiapan tingkat nasional, sehingga ia harapkan harus maksimal dalam persiapan event.

Baca Juga : Wali Kota Sebut Peran Ibu Sangat Penting Dalam Penekanan Angka Stunting

Ia juga menyebut, selain yang dinobatkan sebagai juara, 12 grand final ini juga telah dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Mubar, yang akan terus dibimbing dan dikontrol etika dan mentalnya. Pasalnya, apabila mengalami perubahan ke arah negatif, maka akan digugurkan menjadi duta pariwisata.

Juara putri pariwisata Mubar, Yuli Harsela Mustamin mengatakan, dirinya tidak menyangka akan dinobatkan sebagai juara 1 dalam pemilihan Duta Pariwisata. Karena iamengikuti ajang ini diutus oleh pihak kecamatan, serta hanya untuk menambah wawasan dan pengalaman.

“Senang terpilih jadi juara duta pariwisata, persiapannya tidak matang modal percaya diri saja,” jelasnya.

Terkait visi misi yang akan diprogramkan, ia mengatakan akan secara aktif memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pada generasi muda melalui sosial media.

Baca Juga : Beredar Nadhira Seha Nur Ditunjuk Jadi Pj Wali Kota Kendari, Pj Sekda Sultra: Belum Ada SK

“Nanti akan ada channel youtube yang dikelola bersama finalis Duta Pariwisata Kabupaten Mubar,” katanya.

Sementara Juara 1 Putra, Matsunichi Naufal Bili mengatakan, alasan ia mnegikuti pemilihan duta pariswisata untuk mempromosikan objek-objek wisata yang ada di Mubar, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama kepada golongan muda, serta dengan cara ini akan dapat meningkatkan penghasilan di daerah.

“Saya akan perkenalkan melalui media sosial, seperti tiktok, facebook, instagram, dan youtube, agar yang dari luar Muna Barat dapat mengetahui,” pungkasnya.

Untuk diketahui, runner up II Duta Pariwisata Mubar, yaitu Nur Feby Sagala asal Kecamatan Sawerigadi dan Zulfikar asal Kecamatan Kusambi. Kemudian Runner Up I diraih oleh Wa Ode Rawianti asal Kecamatan Napano Kusambi dan Rahmat Rajab asal Kecamatan Maginti.

Reporter : Wa Irna

Facebook : Mediakendari