NEWS

Gubernur Ali Mazi Resmikan Terminal Tipe B di Buton

728
×

Gubernur Ali Mazi Resmikan Terminal Tipe B di Buton

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sultra, Ali Mazi saat meresmikan Terminal Tipe B Wasaga di Buton. (Foto: Rahmat R)

BUTON, MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi meresmikan Terminal Tipe B Wasaga di Pasar Wajo Kabupaten Buton pada Selasa (28/02/23).

Dalam sambutannya, Gubernur Ali Mazi mengatakan, terminal tersebut adalah terminal terbaik di Sultra.

“Terminal Wasaga ini didirikan untuk menghubungkan transportasi darat dan menciptakan lapangan kerja. Di sini akam tumbuh pertumbuhan ekonomi yang baru,” ungkapnya saat membawakan sambutan.

Baca Juga : 155 Cakades di Kolut Lolos Ujian Membaca Alquran dan Hafalan

Ia melanjutkan, dengan hadirnya Terminal Wasaga juga akan membantu melancarkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Buton dan sekitarnya.

“Terminal akan ikut membantu perputaran ekonomi. Keberadaan terminal ini sangat dibutuhkan pemerintah,” terangnya.

Ali Mazi melanjutkan, pembangunan ini memang dilaksanakan di labupaten tetapi menggunakan uang provinsi.

“Kita harapkan terminal ini bisa berfungsi dengan baik dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, juga dengan adanya terminal ini semua daerah bisa maju. Serta transportasi terkoneksi antar kabupaten dan kota,” tandas Ali Mazi.
Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Muh. Rajulan menyebut, tahapan pembangunan terminal ini dilakukan sebanyak tiga tahap.

“Tahap satu yakni pada tahun 2020 dengan anggaran Rp6 miliar untuk pembebasan lahan dan pemancangan, tahap dua tahun 2021 dengan nominal Rp 4,8 miliar peruntukan untuk gedung dan gerbang.

Baca Juga : Sepeda Listrik Mulai Digemari Warga Kota Kendari, Harga Dibandrol Jutaan Rupiah

Sementara tahap tiga tahun 2022 Rp 12,4 miliar untuk pembangunan gedung dan penunjang lainnya sehingga total Rp 23,3 miliar menggunakan APBD Sultra,” ungkapnya.

Rajulan menambahkan, pembangunan tersebut tuntas karena dukungan Gubernur Sultra dan masyarakat hingga Terminal Tipe B Wasaga kini menjadi ikon simpul transportasi di Sultra.

“Terminal ini sebagai transportasi antar kabupaten/kota. Kami berharap dengan terbangunnya gedung ini antar daerah bisa saling terhubung dan memupuk pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kontekvtitas transportasi regional. Kami harap terminal ini bisa berfungsi dengan baik,” tukas Rajulan.

Reporter : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page