oleh

Gugus Covid-19 Baubau Bakal Gelar Rapid Test di THM

Reporter : Ardilan/Editor: Indi La’awu

BAUBAU– Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau bakal menggelar rapid test massal di tempat hiburan malam (THM) pada Kamis 25 Juni 2020 besok. Hal ini sebagaimana diungkapkan anggota Gugus Covid-19, Wahyu.

Kata Wahyu, rapid test massal gencar dilakukan agar pihaknya dapat menemukan dan mendeteksi kasus guna memaksimalkan pencegahan penyebaran virus Corona agar dampaknya tidak lebih meluas lagi.

Pramuka

“Kita lakukan screening sebanyak-banyaknya. Screening adalah dalam rangka penjaringan untuk menemukan kasus melalui rapid test massal,” ungkap Wahyu, Rabu 24 Juni 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau ini menyebut, selama proses pelaksanaan rapid test massal pihaknya menyiapkan sekitar 3000 sampai 4000 alat rapid test.

“Tergantung animo masyarakat untuk rapid testnya. Nanti yang reaktif menjadi prioritas di swab tenggorokan atau test pcr,” ujarnya.

Ia menambahkan setiap pelaksanaan rapid test massal pihaknya melibatkan sejumlah tim dengan komposisi satu tim beranggotakan lima sampai enam tenaga kesehatan dibantu tim supervisi yang melibatkan beberapa Kepala Bidang (Kabid) dan Kepala Seksi (Kasi). “Walaupun kami bergerak atas nama gugus tugas,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelumnya pihak Gugus Covid-19 Kota Baubau telah melakukan rapid test massal disejumlah tempat seperti di Pasar Wameo pada Minggu 21 Juni 2020 lalu dan di enam lokasi yakni di kantor Lurah Bataraguru, Puskesmas Barataguru, kantor Lurah BWI, Puskesmas BWI, di Umna Rijoli kemudian di Pantai Kamali Kelurahan Wale pada 23 Juni 2020 kemarin.(B)

Terkini