NEWS

Harga Cabe dan Tomat di Pasar Baruga Turun, Bawang Tidak Bisa Stabil

638
×

Harga Cabe dan Tomat di Pasar Baruga Turun, Bawang Tidak Bisa Stabil

Sebarkan artikel ini

KENDARI,MEDIAKENDARI.COM – Harga bahan pokok di Pasar Baruga hingga saat ini masih stabil dan bisa dijangkau oleh masyarakat Kota Kendari.

Berdasarkan pantauan mediakendari.com harga Cabe rawit mencapai 80ribu hingga 85 ribu per kilonya. Sementara itu harga cabe merah besar terjadi penurunan harga dari 60 ribu menjadi 50 ribu per kilonya. Selain itu harga tomat mengalami penurunan dari harga 18ribu perkilo menjadi 10 ribu per kilo.

Salah satu pedagang bawang, Baharudin mengatakan harga bawang tidak bisa stabil di Kota Kendari, pasalnya distributor bawang terdapat di dua daerah yakni NTB dan Enrekang.

Baca Juga : Wali Kota Kendari Dukung Penerapan ETLE

“Jadi harganya juga pasti berbeda-beda. Ini yang saya jual dari NTB. Sudah bersih begini kit jual 60 ribu per kilonya. Kalau bawang putih ini kita jual 30 ribu per kilo,” jelasnya.

Ia menambahkan harga bawang ini sudah mengalami penurunan dibandingkan pada saat Idul Adha.

“saat idul Adha harga bawang melonjak. Penyebabnya gagal panen karena NTB dan Surabaya gagal panen,” tegasnya.

Sementara itu untuk harga minyak juga ikut mengalami penurunan yakni 2 liter seharga 45 ribu yang dulunya dibanderol dengan harga 55 ribu. Sedangkan untuk minyak kategori 1 liter dibanderol dengan 20 hingga 25 ribu.

Salah satu penjual minyak mengaku sedikit mengalami kerugian pasalnya dirinya membeli minyak untuk dijual pada saat harga minyak sedang mengalami kenaikan.

“Masalahnya yang lain sudah menjual dengan harga begitu bahkan mencapai 40 ribu. jadi lebih baik saya ikuti daripada tidak laku,” tuturnya.

Selain cabe, minyak, dan bawang, harga telur masih stabil. Nikmatullah salah satu pedagang telur mengatakan harga telur terus berubah setiap minggunya.

Baca Juga : Isak Tangis La Ode Muhammad Zulirfan, Anak Nelayan Asal Muna Saat Raih Wisudawan Terbaik di UHO

“Tapi sekarang masih stabil tapi mudah-mudahan masih bisa turun lagi,” tutupnya.

Ditempat sama, Ratna Dewi selaku Plt Dirut PD Pasar Kota Kendari mengatakan harga bahan pokok di Pasar Baruga sangat terjangkau untuk masyarakat.

“Dan Alhamdulillah untuk ketersediaan seperti sayuran maupun buah itu sangat terpenuhi jadi biasanya ibu-ibu yang akan melakukan pesta besar pasti belanjanya disini,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page