NEWS

Hasil Reses Anggota DPRD Sultra Rampung, Pemprov Siap Tindaklanjuti

713
×

Hasil Reses Anggota DPRD Sultra Rampung, Pemprov Siap Tindaklanjuti

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) berharap hasil reses dapat ditindaklanjuti Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Wakil Ketua DPRD Sultra H. Herry Asiku, saat memimpin rapat paripurna penyampaian hasil reses masa sidang pertama tahun sidang 2022-2023, Senin (20/2/2023) mengatakan, hal reses telah rampung.

“Hasil reses teman-teman anggota DPRD Sultra yang dirapat paripurnakan hari ini merupakan hasil penyerapan aspirasi masyarakat,” kata Herry Asiku di Kendari, Kamis (23/02/23).

Menurut dia, hasil reses ini akan dimasukkan sebagai pokok-pokok pikiran DPRD dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan akan dikonsultasikan dalam penyusunan Rencana Pemerintah Daerah (RPD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Baca Juga : Pemkot Baubau Siap Terapkan Kurikulum Merdeka untuk Bidang Pendidikan

Ia berkeinginan hasil pertemuan anggota DPRD dan masyarakat bisa terpenuhi dan menjadi perhatian Pemprov Sultra

“Dengan catatan bahwa yang merupakan kewenangan provinsi diserahkan kepada pemprov, sedangkan kewenangan kabupaten/kota akan diserahkan ke masing-masing pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti,” terang Ketua DPD I Golkar Sultra ini.

Dalam rapat paripurna, juru bicara 6 Daerah Pemilihan (Dapil) secara bergantian membacakan hasil reses yang dirangkum selama turun menyerap aspirasi masyarakat dari 29 Januari sampai 5 Februari 2023.

Hasil reses dapil 1 Kota Kendari dibacakan Aksan Jaya Putra, dapil 2 Konsel – Bombana dibacakan Abustam, dapil 3 Muna, Muna Barat, dan Buton Utara dibacakan Abdul Salam Sahadia, dapil 4 Buton Raya (Buton, Baubau, Buton Tengah, dan Buton Selatan) dan Wakatobi dibacakan Haeruddin Konde, dapil 5 Kolaka Raya (Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur) dibacakan Supratman, dan dapil 6 Konawe Raya (Konawe, Konawe Utara, dan Konawe Kepulauan) dibacakan Nur Muhammad Sinapoy.

Beragam usulan disampaikan, mulai dari perbaikan jalan usaha tani, drainase, talud, bantuan pupuk, benih ikan, alat tangkap ikan, perahu nelayan, bantuan modal UMKM, pembangunan rumah ibadah, dan lainnya.

Laporan tertulis hasil reses kemudian diserahkan langsung oleh Herry Asiku kepada Asisten III Pemprov Sultra Sukanto Toding yang hadir dalam rapat paripurna.

Baca Juga : Kurir Meninggal Saat Antar Paket, BPJS Ketenagakerjaan Gerak Cepat Bayarkan Manfaat

Sementara itu, mewakili Gubernur Sultra Ali Mazi, Sukanto mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD atas penyerahan hasil reses.

“Bagi teman-teman OPD kita tindaklanjuti usulan sesuai target sasaran prioritas dalam rencana pembangunan kita,” katanya.

Dia meminta admin SIPD di setiap OPD tetap mengawal hasil reses anggota DPRD ketika di-input dalam aplikasi sistem buatan Pemerintah Pusat itu.

“Hasil reses ini ketika di-input SIPD tetap dikawal teman-teman admin di tiap-tiap OPD. Kita inginkan proses sinkronisasi yang optimal maksudnya ada usulan ada konfirmasi, jadi jangan ada keterpisahan,” tukas Sukanto.

Reporter : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page