oleh

HUT Kemerdekaan, PT GKP Ingin Sejajarkan Pulau Wawonii dengan Pulau Lainnya di Indonesia

-NEWS-60 dibaca

KONAWE KEPULAUAN –  PT Gema Kreasi Perdana (GKP) melalui momentum hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77 tahun 2022 menginginkan agar pulau Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra) dapat sejajar dengan pulau lainnya di Indonesia.

“Kita ingin Pulau Wawonii dengan kekayaan alamnya, bisa sejajar dan bahkan lebih dari Pulau-pulau lainnya di Indonesia,” ungkap Head of Site PT GKP, Basri Kambatu yang bertugas sebagai pemimpin Upacara dalam sambutannya Rabu, 17 Agustus 2022.

Kata Basri, semangat para pejuang dahulu, adalah bagaimana bangsa ini bisa mandiri, bisa sejahtera dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki Indonesia, melalui tangan anak-anak bangsa.

Baca Juga : Momen HUT RI ke 77, Empat Narapidana di Sultra Dapat Remisi dari Pemerintah

“Penjajah dulu datang ke negeri ini, mengambil sumber daya alam yang ada di sini untuk kepentingan bangsa mereka.  Para pejuang menyadari hal ini, bahwa sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, harusnya dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran bangsa Indonesia. Karena itulah, mereka berjuang dengan segenap upaya hingga mengorbankan nyawa agar bangsa asing tidak lagi menjajah dan mengambil kekayaan alam Indonesia,” katanya.

Sebagai perusahaan nasional, lanjut Basri, PT GKP terus menekankan kepada seluruh karyawan, untuk tetap mengenang jasa dan semangat juang para pahlawan terdahulu dengan terus merawat kebhinekaan, bekerja keras, berdedikasi dan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang berdampak baik bagi diri sendiri dan masyarakat.

“Nilai dan semangat perjuangan (mereka) yang harus terus dijaga dengan terus meningkatkan kualitas diri sehingga bisa berkompetisi ditengah kemajuan teknologi dan industri,” ujarnya.

Jika generasi penjaga kemerdekaan terus merawat semangat kemerdekaan maka bangsa ini akan cepat pulih dari berbagai penderitaan serta bisa bersaing dan bahkan lebih dari bangsa-bangsa lain. Hal ini sejurus dengan tema HUT Kemerdekaan RI ke 77,Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Kehadiran PT GKP di Pulau Wawonii, imbuh Basri, sejalan dengan semangat slogan HUT RI ke 77,, yakni membantu mempercepat pemulihan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan berbagai manfaat berlipat lainnya.

Sebagai perusahaan tambang, nilai dan semangat perjuangan para pahlawan dimanifestasikan dengan melakukan kegiatan pertambangan yang baik dan benar (good mining practice), mematuhi segala ketentuan regulasi di bidang pertambangan sehingga usaha pertambangan yang dijalani bisa memberi manfaat bagi masyarakat dan negara.

Baca Juga : Vaksinasi Kemerdekaan oleh Satgas Covid-19 Sultra Diharap Terus Berlanjut

Upacara peringatan HUT RI yang dilaksanakan di kantor PT GKP, site Wawonii, Roko-Roko Raya yang diikuti oleh  seluruh karyawan, kontraktor maupun juga masyarakat sekitar.

Dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77,selain upacara Kemerdekaan, juga diisi dengan berbagai kegiatan dan perlombaan, seperti perlombaan E-sport (Mobile Legend), catur serta berbagai perlombaan yang seringkali diselenggarakan di masyarakat semisal balap kelereng, gendong bola dan juga lomba makan kerupuk.

Berbagai perlombaan dalam rangka menyemarakan HUT Kemerdekaan RI itu, diikuti seluruh karyawan dari berbagai departemen dan juga kontraktor.

Meski sempat diguyur hujan sedari pagi, upacara HUT Kemerdekaan tetap khidmat dilaksanakan. Perlombaan pun tetap semarak dilakukan. (Adm).