NEWS

IKA SMKN 1 Raha Bakal Gelar Katoba Masal di Puncak Reuni Akbar

696
×

IKA SMKN 1 Raha Bakal Gelar Katoba Masal di Puncak Reuni Akbar

Sebarkan artikel ini
Tampak SMKN 1 Raha

MUNA – Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Raha rencananya bakal menggelar katoba secara masal di hari puncak reuni akbar yang sedang berjalan saat ini.

Ketua Umum IKA SMKN 1 Raha, Adi Munardi Kuti mengatakan kegiatan katoba tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian reuni akbar yang akan menjadi puncak dari kegiatan.

“Rencananya katoba masal itu akan digelar di rumah adat Bharugano pada tanggal 8 Mei 2022,” ujarnya, Jumat 6 Mei 2022.

Adi menambahkan, tujuan utama dari katoba itu adalah untuk dapat melestarikan budaya Muna, terlebih berupaya menciptakan generasi yang dapat selalu berpikir positif baik dari segi perilaku maupun perbuatan.

Baca Juga : BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim Sultra Terkini, Pemudik Diharap Waspada

Sebab diketahui, dalam prosesi katoba ada petuah atau pesan moral yang disampaikan kepada anak yang di Katoba untuk dapat di didengar dan ditaati.

“Dalam katoba ini kan ada pesan-pesan moral dia yang disampaikan kepada anak, jadi dari pesan-pesan itu diharapkan dapat menjadi anak yang lebih baik,” ucapnya.

Adapun kuota peserta yang disediakan kurang lebih sebanyak 25 orang dan dibuka secara umum mulai dari umur 12 sampai ke atas, dan saat ini panitia masih membuka pendaftaran dengan tidak dipungut biaya sepersenpun.

Baca Juga : Lagi, Polsek Konda Kembali Amankan Remaja Pembawa Sajam di Konsel

Selanjutnya, Adi berharap kegiatan tersebut nantinya dapat dilirik oleh pemerintah dan dapat dijadikan sebagai kegiatan tahunan bagi masyarakat Muna demi terciptanya generasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan di dalam dirinya.

“Kami harapkan kegiatan ini nantinya bisa berlanjut dan menjadi kegiatan tahunan untuk diselenggarakan dari pihak pemda, terlebih ini juga bagian dari salah satu cara untuk dapat melestarikan budaya kita,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, untuk saat ini kegiatan yang sementara berlangsung adalah cabang olahraga (cabor) yang telah dimulai dari 5 Mei 2022 kemarin.

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page