NEWS

Implementasi Program Prioritas Badan Bahasa, UKBI Adaptif Merdeka Di Konawe

575
×

Implementasi Program Prioritas Badan Bahasa, UKBI Adaptif Merdeka Di Konawe

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) melaksanakan Sosialisasi dan Pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka bagi Pemangku Kepentingan di Kabupaten Konawe.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Nugraha, Konawe ini diikuti oleh guru Bahasa Indonesia tingkat SMP-SMA/sederajat di Kabupaten Konawe, dosen dan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lakidende.

Hadir dalam kegiatan ini juga Kepala KBST, Uniawati, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe, Suryadi, yang sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi.

Baca Juga : Pembukaan Pendidikan Bintara Dan Tamtama, Polda Sultra Siap Lahirkan Insan Tribrata Bermoral Dan Profesional

“UKBI Adaptif Merdeka ini sebenarnya salah satu implementasi program prioritas dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yang pada dasarnya adalah bentuk penghargaan kita terhadap bahasa Indonesia” Jelas Uniawati, selaku Kepala KBST

Dalam tes UKBI Adaptif Merdeka, ada empat keterampilan berbahasa (yang diujikan), yaitu menyimak, menulis, berbicara, membaca, serta merespon kaidah sebagai tolok ukur tingkat kemahiran berbahasa.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Konawe sangat mengapresiasi program ini, menurutnya, selama 3 tahun terakhir, KBST fokus dan terus mendorong pelaksanaan kegiatan kebahasaan dan kesastraan di Kab. Konawe. Salah satunya, yaitu UKBI Adaptif merdeka.

Baca Juga : HPN 2023 Sumut Harus Menjadi Corong Kepentingan Bangsa Pilar Demokrasi Extra Parlemen

“UKBI merupakan program yang luar biasa untuk masyarakat, terutama tenaga pendidik dan profesional, saya memiliki animo sangat besar terhadap program ini”tuturnya.

Ia juga menambahkan, sebagai tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe akan mengikutkan para pemangku kepentingan di Kabupaten Konawe, seperti guru, para kepala sekolah, dan pelajar untuk menguji kemampuan berbahasa Indonesianya melalui UKBI.

Dalam kegiatan ini, Asri selaku koordinator Kelompok Kepakaran Layanan Profesional (KKLP) UKBI di KBST juga menyosialisasikan UKBI Adaptif Merdeka kepada para peserta kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan UKBI.

Reporter : Nur Anisah

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page