Tentara AS yang tergabung dalam NATO bersama Pasukan Komando Afghanistan di distrik Deh Bala, kawasan timur provinsi Nangarhar, 7 Juli 2018. (Foto: dok).

Bentrokan dengan Taliban Tewaskan 2 Tentara AS di Afghanistan

ASIA – Operasi bersama menghadapi Taliban di Afghanistan Utara, Jumat (22/3) menewaskan dua tentara Amerika dan seorang Afghanistan mitra mereka, kata para pejabat.

Kelompok pemberontak itu menyatakan serangan itu terjadi di daerah kekuasaan Taliban di sekitar ibukota provinsi Kunduz yang bergejolak.

Para pejabat dari Operation Resolute Support yang dipimpin NATO mengukuhkan dua korban tentara Amerika. Ini membuat personel militer Amerika yang tewas di Afghanistan tahun ini menjadi empat orang.

Baca Juga :

Taliban “dengan sengit” menghadapi serangan gabungan itu dan bentrokan berikutnya masih berlanjut di daerah itu, kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid. 

Ia mengklaim dalam suatu pernyataan singkat bahwa tiga tentara Ameirka dan sembilan anggota pasukan komando Afghanistan tewas, meskipun klaim Taliban kerap dibesar-besarkan. Mujahid tidak membahas korban di pihak Taliban dan menyatakan lebih banyak lagi rincian akan dirilis segera.

Para pejabat setempat menyatakan operasi itu menewaskan banyak pemberontak dan seorang anggota pasukan khusus Afghanistan juga termasuk yang tewas, sebut The New York Times.

Sekitar 14 ribu tentara Amerika yang ditempatkan di Afghanistan bertugas mendukung dan melatih pasukan Afghanistan yang memerangi Taliban Secara terpisah, militer Amerika juga melancarkan operasi terhadap kelompok-kelompok teroris, termasuk al-Qaida dan ISIS. Tahun lalu, 12 tentara Amerika tewas dalam aksi militer di Afghanistan. [uh]