MUNA

Kalah “Adu Jotos”, Seekor Buaya di Muna Berhasil Ditangkap Warga dalam Keadaan Lemas

1754
×

Kalah “Adu Jotos”, Seekor Buaya di Muna Berhasil Ditangkap Warga dalam Keadaan Lemas

Sebarkan artikel ini
Seekor buaya yang berhasil ditangkap warga. Foto: ist.

MUNA, Mediakendari.com – warga Desa Lambiku, Kecamatan Napabalano, Kabupaten Muna kembali berhasil menangkap seekor buaya besar berukuran panjang 3,86 meter dan lebar 60 cm pada 3 Maret 2024 sekitar pukul 17.00 Wita.

Hewan buas itu, pertama kali terlihat oleh warga saat sedang terlibat perkelahian bersama buaya lainnya hingga mengakibatkan tubuhnya lemas dan mengalami luka serius di bagian mulut.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, warga pun berinisiatif menangkap buaya tersebut dan menaikannya ke darat dengan menggunakan jaring. Setelah berhasil ditangkap, kondisi buaya sudah dalam keadaan lemas dan tak lama kemudian mati.

“Buaya yang satunya itu kabur kembali ke sungai, sedangkan satunya lagi ditangkap agar tak membahayakan warga,” ungkap La Rewangi, salah seorang tim Pos KSDA Tampo.

Kini, dengan kondisi buaya yang sudah tidak bernyawa, pihak Pos KSDA Tampo mengambil tindakan untuk berkoordinasi bersama pihak pemerintah Desa guna ditanam alias dikebumikan.

“Agar buaya mati tersebut ditanam dan petugas KSDA Tampo akan membuat berita acara kematian satwa,” timpalnya.

Buaya yang ada di sungai Lambiku bukanlah hal baru bagi warga sekitar. Sebelumnya juga, warga setempat pernah berhasil menangkap hewan bernama latin crocodylidae itu dengan ukuran raksasa.

Parahnya, keganasan buaya di wilayah itu sudah beberapa kali menelan korban jiwa. Makanya, warga khususnya yang berprofesi sebagai nelayan diminta agar selalu waspada. Diperkirakan jumlah reptil yang mendiami sungai lambiku, masih terbilang banyak.

Reporter : Erwino

You cannot copy content of this page