oleh

Kampanyekan Gerakan Ramah Lingkungan, 25 Komunitas di Kendari Bagikan Qurban Berwadah Pelepah Pisang

-NEWS-154 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM– Dalam rangka menyemarakkan hari raya Idul Adha 1443 H, 25 komunitas di Kota Kendari bagikan daging Qurban pada masyarakat kurang mampu di rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Desa Punggolaka Kecamatan Puuwatu pada, Sabtu (16/07/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengusung tema KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang. Program KITA Berbagi 2022 serentak dilaksanakan di 87 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Terdapat 637 sapi dan kambing yang akan dibagikan ke masyarakat.

Tim pembina komunitas, La Ode Nafsahu mengatakan gabungan 25 komunitas ini berada dibawah naungan Riderhood dan Super Friends Kota Kendari. Dia menambahkan komunitas ini menyembelih seekor sapi untuk dibagikan kepada masyarakat di rusunawa punggolaka.

Baca Juga : Polri Buru KKB Papua Pembunuh Pendeta dan 9 Warga

“Sesuai dengan visi dan misi Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) dalam mengkampanyekan gerakan ramah lingkungan, sebelum dibagikan daging qurban dibungkus menggunakan potongan pelepah pisang yang dirangkai menjadi wadah pembungkus daging,” ujarnya saat diwawancarai.

Pria yang akrab disapa Uca ini menambahkan, daging dikemas menjadi 115 paket, kemudian diangkut oleh dua orang menggunakan kasughu untuk dibagikan langsung kepada warga. Kasughu sendiri merupakan wadah besar berbahan bambu atau kayu yang terdapat susunan 10 batang pelepah pisang. Wadah ini mampu menampung 10 kilogram daging qurban.

“Distribusi 115 paket qurban dilakukan bersama oleh perwakilan dari 25 komunitas yang terlibat. Sebanyak 20 komunitas masing-masing membagikan 5 paket daging qurban. Sementara 5 komunitas lainnya masing-masing membagikan 3 paket daging qurban,” jelasnya.

Dia melanjutkan, sebelum melakukan pembagian telah dilakukan pendataan warga yang layak menerima qurban. Oleh karena itu daging qurban juga dibagikan kepada warga yang ada di sekitar rusunawa yakni RT 1 RW 2.

Baca Juga : Tujuh Fraksi Dewan Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD 2021 Pemkot Kendari

Selain menggunakan wadah ramah lingkungan, sapi yang diqurbankan juga memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari yang lainnya. Pasalnya sapi ini dibeli dari peternakan dimana pakannya tidak menggunakan rumput liar, melainkan rumput gajah yang didapatkan di Desa Boro’ Kabupaten Konawe Selatan.

“Sapinya lebih besar, lebih sehat dan bebas dari penyakit mulut dan kaki,” bebernya.

Kegiatan pemotongan hewan qurban ini juga dimeriahkan dengan acara syukuran dan kegembiraan berupa penampilan mangaro, yaitu tarian penyambutan syukur dengan adat Suku Muna Buton lengkap dengan pakaian adatnya.

Untuk diketahui sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021, KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapaiannya. Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket qurban terbanyak dengan total 13.398 paket qurban.

Tahun ini Kolaborasi KITA juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan qurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Baca Juga : Tekad Bangun Bumi Sowite, Rajiun Tegaskan Maju Kembali di Pilkada Muna 

Ada pun Komunitas Riderhood yang tergabung dalam aksi KITA Berbagi 2022 ini yakni KB2C (Kendari Black Bikers Community), YAK (Yamaha Aerox Kendari), RCCK (Riders Cbr Club Kendari), NRFC (Ninja Riders Family Club), Scoola (Scoopy Land Anoa), SMC (Sultra Max Community), HAI (Honda Adventure Indonesia), dan VOAC (Vibelt Owner Anoa Club).

Lalu, RKC (Riders Kendari Community), CSC (CBR Sport Community), HYSK (Honda Yamaha Suzuki Kawasaki), CVC (Celebes Vixion Club), YMMC (Yamaha Motor Matic Club), DJ Maxime (Driver Jalanan Maxime), Calsic (Calya Sigra Club), serta ACC (Athaya Car Community).

Sementara dari Super Friends terdiri dari Misez Kendari (Milanisti Indonesia Sezione Kendari), PRMI Kendari (Pena Real Madrid Indonesia Kendari), MCSCI Kendari (Manchester City Supporters Club Indonesia Kendari), CISC Kendari (Chelsea Indonesia Supporters Club Kendari), Like (Lazio Indonesia Kendari), United Indonesia (Manchester United Indonesia Kendari), LFC Kendari (Liverpool Fans Club Kendari), LCI (Inter Milan Club Indonesia), IBC Kendari (Indo Barca Club Kendari), The Macz Man Kendari (Supporters PSM Kendari).

 

Reporter: Dila Aidzin