oleh

Kapal Feri Fasilitas Hotel Bintang Tiga, Buang Sauh di Dermaga Kasipute

-NEWS-1.272 dibaca

 

Reporter: Hasrun

BOMBANA – Kapal feri buatan Jepang tahun 1989 dengan desain empat lantai membuang sauh di dermaga pelabuhan Kasipute pada Sabtu, 3 April 2020, sekira pukul 19.00 Wita.

Kapal bernama Darma Kencana I ini sebelumnya bertolak dari dermaga Pelabuhan Telaga Biru, Jawa Timur pada 1 April lalu dan tiba di Pelabuhan Kasipute pada 3 April 2021 malam.

Dari informasi Kapten Kapal, Yayan Heryanto, kapal itu berlayar dari Jepang ke pelabuhan milik Darma Kencana di Jawa Timur pada September 2020 lalu. Kemudian direnovasi hingga Maret 2021 dan belum pernah digunakan.

Kapasitas muatan kapal ini cukup besar. Untuk kendaraan truk roda empat, kapal tersebut mampu menampung sebanyak 9 unit. Sedang untuk kendaraan roda dua, kata sang Kapten, bisa sampai puluhan. Untuk penumpang, diperkirakan kapal tersebut mampu menampung hingga 350 orang. Kapal ini juga memiliki dua mesin, satu mesin berkapasitas 1.000 pk.

Kapal Darma Kencana baru kali pertama berlabuh di pelabuhan Bombana. Kapal ini akan menjadi moda transportasi laut bagi masyarakat di dua kabupaten, yakni Muna Barat dan Bombana. Rutenya, Kasipute-Tondasi dan Kasipute, Pishing.

“Hombesnya di Kasipute,” kata Kapten Kapal, Yayan Heryanto.

Lantai pertama kapal feri itu didesain untuk kendaraan mobil dan motor serta barang – barang lainnya. Lantai dua tempat para penumpang, lantai tiga untuk ABK, dan lantai empat adalah anjungan.

Fasilitas kapal ini tak ubahnya hotel bintang tiga. Ada ruang penumpang ekonomi satu yang dilengkapi Wifi. Ada musala, ruang medis, ruang VIV, ruang lesehan dua, dan dua cafe. Semua pintu di kapal menggunakan tombol kendali. Semua ruangan pun dilengkapi pendingin atau AC.

“Kru ABK sebanyak 18 orang, belum termasuk petugas lain seperti, di caffe , lesehan dan lain – lain,” ujar Kapten Yayan.

Dari Kasipute menuju Tondasi, kapal ini hanya menghabiskan waktu dua jam. Dengan jarak sekitar 20 mil. Sedangkan untuk Kasipute ke Phising hanya tiga jam.

“Dengan jarak diperkirakan 30 mil,” ucap Yayan.

Dari informasi yang dihimpun media ini, pelayaran perdana kapal Feri Darma Kencana 1 akan diresmikan oleh Bupati Bombana, Tafdil pada Senin, 5 April 2021. (B)

Terkini