NEWS

KBST Ciptakan Generasi Cerdas Melalui Pembinaan Komunitas Literasi

552
×

KBST Ciptakan Generasi Cerdas Melalui Pembinaan Komunitas Literasi

Sebarkan artikel ini
Suasana Kegiatan Pembinaan Literasi Oleh KBST Di Salah Satu Hotel Kendari.

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pembinaan Komunitas Literasi adalah salah satu program tahunan yang dicanangkan oleh Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST). Program ini bertujuan untuk membina komunitas literasi untuk terampil membaca dan menulis, serta menjadi generasi yang cerdas.

“Jadi sebelum kegiatan pembinaan komunitas, kita melakukan pemutakhiran profil komunitas terlebih dahulu Se-Sultra, jadi fokus kita membaca dan menulis, jadi kita berkolaborasi juga sama sanggar seni” Jelas Maulita Dewi Iskandar, selaku Anggota Tim Kelompok Kepakaran Layanan Profesional (KKLP) Literasi.

Sasaran pembinaan komunitas literasi ini adalah anak-anak yang masih berada di usia pembaca awal. Seperti PAUD dan juga SD.

Baca Juga : Saksikan Konser Andika Kangen Band, Siti Badriah dan Dyrga Dadali di Tugu Eks MTQ Kendari

“jadi memang kita mengutamakan anak diusia pembaca awal, dan memang para komunitas literasi ini lebih butuh perhatian dan support, sehingga melalui mereka bisa tumbuh generasi yang cerdas” jelas Maulita.

Pembinaan Komunitas Literasi ini dalam bentuk menyediakan sarana untuk membaca, menciptakan suasana cinta membaca dan menulis.

“Untuk itu kita biasa membuka lapak untuk membaca, kemudian memang ada yang lngsung mengajarkan baca tulis, baca Alquran, pameran buku, ataupun relawan mengajar” ungkap Maulita.

Baca Juga : Minta Kades Tingkatkan Kinerja, Bupati KSK: Pembangunan Dimulai dari Desa

Maulita mengaku, walaupun pembinaan komunitas literasi ini kali pertama dilakukan Tahun 2022 oleh KBST, namun para peserta terus saling berkomunikasi, dan tetap menjaga tali silaturahim sesama para komunitas.

“Mereka juga dalam grup saling sharing, menambah wawasan, jadi menurut kami ini suatu keberhasilan melalu program pembinaan komunitas literasi ini” tambahnya.

Tahun 2022, KBST telah melakukan kegiatan pembinaan komunitas literasi, yang mendatangkan peserta sebanyak 35 komunitas literasi yang mewakili 12 kota/kabupaten provinsi sultra, yang juga dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kadis Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sultra, Nur Saleh.

Reporter : Nur Anisah

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page