NEWS

Kelangkaan Minyak Goreng di Konawe Selatan Jadi Perhatian DPRD Dan Pemda

766
×

Kelangkaan Minyak Goreng di Konawe Selatan Jadi Perhatian DPRD Dan Pemda

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Konsel Budi Sumantri

KONAWE SELATAN – Kelangkaan minyak goreng di kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang saat ini dikeluhan masyarakat menjadi perhatian DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel.

Keluhan itu disampaikan, Ketua Komisi I DPRD Konawe Selatan (Konsel) Budi Sumantri, saat meyampaikan aspirasi masyarakat dirapat paripurna penyampaikan hasil kegiatan Reses masa sidang pertama tahun 2022. yang digelar di aula paripurna DPRD Konsel. Senin, 7 Maret 2022.

” Saya ini sering ditanya sama masyarakat soal kelangkaan minyak goreng,” kata Budi Sumantri diselah jalannya Paripurna.

Untuk itu, dihadapan pimpinan sidang Ketua DPRD Irham Kalenggo dan Pemerintah Daerah yang diwakili Sekda Sjarif Sajang dan disaksikan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Politisi Golkar ini, meminta kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk bersama mencari solusi atas masalah tersebut.

Baca Juga : DPRD Konawe Selatan Paripurnakan Usulan Masyarakat Pada Reses Masa Sidang Pertama

“Ya minimal Pemda Konsel menggelar pasar murah atau bersama-sama melakukan operasi pasar,” ujar Budi Sumantri.

Selain itu, lanjut Budi Sumantri, bisa mengetahui oknum pedagang nakal yang melakukan penimbunan minyak goreng, disamping itu lanjutnya agar bisa mengetahui apa penyebab dari kelangkaan minyak goreng tersebut.

Menanggapi hal itu, Mewakili Bupati Surunuddin Dangga, Sekda Konsel Sjarif Sajang mengaku akan segera mengkoordinasikan kepimpinan dan OPD terkait, soal kelangkaan minyak goreng tersebut.

” Kami akan segera koordimasiakan dan panggil OPD terkait. Sebenarnya ini sudah menjadi isu nasional bukan di konsel saja, akan tetapi kami sebagai pemerintah tetap akan mencari solusi,” ujar Sjarif Sajang.

Untuk itu pihaknya mengapresiasi atas usulan DPRD untuk melakukan operasi pasar bersama dan pengadaan pasar murah. Kata Sjarif saat ini bukan saja minyak goreng yang langkah melainkan tanpa kita sadari Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bahan bangunan saat ini juga harganya sudah naik.

Baca Juga : Bangun Sinergitas Sesama Awak Media, Korem 143/HO Gelar Coffee Morning 

” Harus kita deteksi lebih awal, bahan-bahan apa saja yang naik, sebab ini akan berpengaruh pada Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang telah ditetapkan,” kata Sjarif.

Kalau saat ini penyedia-penyedia minyak sudah tidak ada stok, tambah Sjarif maka langkah selanjutnya kita berdayaankan pengolahan minyak tradisional. Sebab potensi perkebunan kelapa di konsel sangat memadai.

” Jalan terakhir kembangkan UMKM lokal untuk melakukan pengelolaan minyak tradisional,” terang Sjarif.

 

Penulis : Erlin.

You cannot copy content of this page