NEWS

Kembangkan Benih Berbasis Radiasi Nuklir, Rusda Mahmud dan Tim Batan Sambangi Kolaka

350
×

Kembangkan Benih Berbasis Radiasi Nuklir, Rusda Mahmud dan Tim Batan Sambangi Kolaka

Sebarkan artikel ini
Anggota DPR RI Ruada Mahmud, Perwakilan Batan, pengurus Kecamatan Samaturu dan semua kepala desa dari Kecamatan Samaturu. (Foto; Rahmat R)

Reporter : Rahmat R.

KOLAKA – Anggota DPR DI Dapil Sulawe Tenggara (Sultra) Rusda Mahmud mengajak Tim Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) untuk menyambangi Kecamatan Samaturu Desa Kabupaten Kolaka, Selasa 10 Maret 2020.

Rusda Mahmud mengatakan, kunjungan itu bertujuan menjadikan Desa Kalaloa Kecamatan Samaturu sebagai lokasi percontohan demplot hasil penelitian dan pengembangan (Litbang) oleh Batan bidang Pertanian.

“Tugas pokok Batan adalah melaksanakan tugas pemerintahan dibidang penelitian, pengembangan dan pemanfaatan tenaga nuklir sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Salah satunya pengembangan nuklir di bidang pertanian. Bibit Padi yang dikembangkan pada Padi, ” terangnya.

Selain itu, Batan juga akan mengembangkan Demontration Plot, yakni metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

“Saya membawa nuklir untuk kesejahteraan masyarakat di Kolaka. Nanti program ini kita akan lihat dulu satu Desa sebagai contoh, nanti desa-desa lain kalau ini berhasil, ” ujarnya.

Mantan Bupati Kolaka Utara (Kolut) dua periode ini juga menuturkan program Nawa Cita Presiden adalah memajukan Pertanian. 

Sementara itu, Bambang Hartoyo mewakili Pusat Diseminasi dan Kemitraan Nuklir Batan menjelaskan, nuklir bisa mensejahterakan masyarakat, salah satunya yang dikembankan Batan nuklir di bidang pertanian.

“Yang kami lalukan adalah mengembangkan jenis padi yang unggul dengan radiasi nuklir. Radiasi ini tidak masuk dalam padinya. Hanya sebatas pengembangan benih sehingga hasil padinya tetap sama dengan padi pada umumnya,” kata Bambang.

You cannot copy content of this page