Kembangkan Dunia Seni, Sastra Indonesia UHO Gelar Pentas Drama

NEWS430 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar pentas drama di Gedung Teater FIB pada Sabtu malam (07/01/23).

Hal itu bertujuan untuk mengembangkan dunia seni di kampus serta mengaplikasikan ilmu yang didapat selama dibangku perkuliahan.

Dosen pengampuh mata kuliah Pagelaran Sastra, Wa Ode Nur Iman mengatakan bahwa pentas drama ini diadakan sebagai bentuk memenuhi persyaratan ujian mata kuliah yang telah diprogram oleh angkatan 2019.

“Kegiatan ini diadakan oleh angkatan 2019 sebagai syarat untuk mereka mengikuti ujian,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa salah satu naskah yang digelar itu merupakan naskah dari pemenang harapan pertama saat peksiminas berjudul Papalele karya Musrida, alumni Sastra Indonesia.

Sedangkan tema yang diusung adalah “Gelar Sastra, Gelar Drama Hidup” ini membawakan naskah drama berjudul Nyonya-nyonya karya Wisran Hadi dan Papalele karya Musrida.

Selanjutnya, Iman berharap dengan adanya pentas seni ini mahasiswa bisa semakin kreatif dan dapat mengimplementasikan ilmu di tengah masyatakat.

Sementara itu Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra, Rasiah mengapreasi kegiatan yang dibawakan itu dengan matang. Sehingga ia meliat kegiatan pagelaran itu bisa bermanfaat bagi penonton maupun pemerannya sendiri, baik teori juga bagaimana mempraktekkan dan mewujudkannya dalam dunia praktis.

“Kami berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut kedepannya. Di mana mahasiswa bisa menjadi ilmuwan sastra juga bisa menjadi praktisi,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Ismail