Ketua Osis se-Kota Kendari Dukung Anti Kekerasan dan Tawuran Antar Pelajar

NEWS189 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kota Kendari menggelar deklarasi anti kekerasan dan tawuran antar pelajar mulai dari SMP, SMK, SMK dan MA se-Kota Kendari bersama di Ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari, pada Rabu (25/1/2023)

Deklarasi itu dibuat tujuan untuk menjaga kondusifitas di wilayah Kota Kendari dengan mencegah adanya tawuran antara pelajar.

Merespon deklarasi itu, Ketua Osis se-Kota Kendari mendukung hal tersebut dengan melakukan penandatanganan deklarasi tolak tawuran antar pelajar.

Ketua Osis SMAN 2 Kendari, Teguh Abdi Persada menyampaikan ini merupakan langkah yang tepat, sebab melihat dikalangan remaja untuk saat ini yang sering terjadi khusus ditingkat SMA adalah tawuran.

Baca Juga : Laka Tunggal di Kendari Beach, Satu Tewas di Tempat, Satu Sekarat

Terlebih kata dia, masalah tawuran ini tidak memiliki ujung melainkan terus berlanjut dari tiap tahun ke tahun. Sehingga dengan adanya deklarasi tersebut dirinya bakal mengambil langkah dengan mengkampanyekannya ke sekolah.

“Alhamdulillah setelah ini saya selaku Ketua Osis akan menyuarakan semua pendapat-pendapat yang diberikan pada kegiatan ini dan saya akan menjadi contoh utama kepada teman-teman seangkatan saya siswa SMAN 2 Kendari dan semua sekolah agar menghina tawuran dengan mensosialisasikan ke sekolah,” ujarnya.

Kata dia, tawuran merupakan hal yang sangat tidak mendidik bahkan dapat merugikan diri pribadi maupun orang banyak, sehingga harus dengan tegas dan masif melakukan edukasi agar bisa menolak tawuran.

Menurut hematnya, pemicu dari tawuran itu sendiri disebabkan hal sepele yang dibesar besarkan diluar, seperti adanya ajang iri-irian maupun dari sebuah pertandingan olahraga.

“Jadi sebenarnya biasanya itu yang ribut hanya beberapa orang saja, namun karena informasi ini disebabkan ke teman-temannya sehingga menjadi besar dan terjadinya tawuran itu,” katanya.

Terakhir, Teguh berharap dengan adanya deklarasi ini para siswa di seluruh Kota Kendari dapat menyibukkan dirinya dengan kegiatan positif internal maupun eksternal yang dapat bermanfaat baik bagi dirinya maupun sekolah.

Baca Juga : Bantu Melerai Pria Ini Malah Dapat Tikam, Pelaku Diamankan Polsek Kemaraya

Sementaranya itu, Ketua Osis SMAN 1 Kendari, Muh Ferdiansyah mengapresiasi kegiatan tersebut, sebab menurutnya akhir-akhir ini sering terjadi aksi tawuran antar pelajar di Kota Kendari, sehingga dengan adanya deklarasi tersebut bisa menjadi satu langkah yang dapat mencegah adanya tawuran.

Sedangkan dirinya setelah adanya deklarasi ini bakal mengambil langkah dengan mensosialisasikan ke seluruh siswa SMAN 1 Kendari di saat upacara.

“Kami akan mengambil langkah dengan mensosialisasikannya di saat upacara. Mungkin saya juga sudah mau selesai menjabat untuk kepengurusan ke depan jadi saya akan menyampaikan ini untuk melanjutkan deklarasi yang dibuat oleh pemerintah Kota Kendari dengan baik lagi dan buat inovasi yang lebih baik lagi kedepannya,” singkatnya

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari