NEWS

KLPP Konsel, Soroti Proyek Pembangunan Pasar Moderen Buke

3231
×

KLPP Konsel, Soroti Proyek Pembangunan Pasar Moderen Buke

Sebarkan artikel ini
Suasana unjuk rasa di kantor Dinas Perindustrian dan perdagangan

KONAWE SELATAN – Konsorsium Lembaga Pemerhati Pembangunan (KLPP) Konawe Selatan (Konsel), soroti pembangunan pasar moderen di Desa Andoolo Utama Kecamatan Buke. Bangunan yang bersumber dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dinilai cacat kontruksi.

Bentuk protes pulahan pemuda yang tergabung dalam lembaga tersebut disampaikan melalui aksi unjuk rasa di kantor Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Konsel, pada Senin, 1 Agustus 2022.

Iswan Safar, selaku koordinator aksi, dalam orasinya mengaku bahwa progres pengerjaan bangunan itu, ditemuakan beberapa bagian kontruksi diduga dikerjakan seenaknya. Hal itu kata Iswan, berdasarkan temuan hasil investigasi KLPP di lapangan.

Baca Juga : Gelar Rakerprov, ini Program 100 Hari DPD HKTI Sultra

” Beberapa item pekerjaan yang kami nilai dikerja asal-asalan yakni, pengerjaan besi dan sambungan anyaman besi slop tidak sesuai gambar, selain itu para pekerja tidak dibekali alat kesehatan dan keselamatan kerja,” tegas Iswan.

” Sangat disayangkan, pihak perusahaan tidak menerapkan Standar Oprasional Proseder (SOP),” sambungnya

Olehnya itu, Dinas Perindag Konsel sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Penjabata Pembuat Komitmen (PPK) serta tim teknis diduga tidak melakukan pengawasan yang baik kepada pihak perusahaan yang menangani proyek tersebut.

Baca Juga : PT GMS, Antensi Khusus Masyarakat Lingkar Tambang di Laonti Konawe Selatan

Atas dasar itu, sehingga KLPP Konsel mendesak, Bupati dan Wakil bupati, DPRD Konsel dan Kadis Perindag untuk segera meninjauh langsung progres pembangunan pasar moderen tersebut.

Sementara itu, Plt Kadis Perindag Konsel Saribana, saat menemui massa aksi mengungkapkan terimakasih kepada KLPP Konsel yang telah membantu pemerintah dalam melakuan pengawasan disektor pembagunan.

” Aspirasi adik-adik sudah saya terima dengan senang hati, olehnya itu apa yang menjadi tuntutan massa aksi secepatnya akan ditindak lanjuti,” ucap Saribana.

Baca Juga : Proyek Jalan Lingkar Jati Mekar Belum Dikerjakan, Begini Penjelasan Kadis PU Kendari

Terkait temuan KLPP Konsel, adanya item yang diduga dikerja asal atau tidak sesuai RAB, Saribana berjanji akan segera turun lapangan mencari faktanya tersebut.

” Terkait pengawasan umum, kami sudah jadwal setiap minggunya untuk melakukan kontrol dilapangan, namun untuk pengawasan secara teknis, itu ada rana yang menangani,”terang Saribana.

Usai ditemui oleh Kadis Perindag, massa aksi kemudian melanjutkan unjuk rasa di kantor Bupati Konsel. Dari informasi yang dihimpun MEDIAKENDARI.COM. Menindak lanjuti aduan tersebut, mewakili pemerintah daerah Wakil Bupati Rasyid jadwalkan besok, bakal kunjungi Pasar Andoolo Utama guna mengecek langsung progres pengerjaan proyek pasar.

Penulis: Erlin.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page