oleh

Kodim 1413 Buton Bakal Rekrut 100 Orang Komcad

-NEWS-93 dibaca

BAUBAU – Komando Distrik Militer (Kodim) 1413 Buton berencana membuka perekrutan untuk mengisi posisi sebagai komponen cadangan yang akan ditempatkan diseluruh wilayah hukum Kodim 1413 Buton untuk tahun 2022.

Komandan Kodim 1413 Buton, Letkol Arm Muhamad Faozan menjelaskan, Komponen cadangan (Komcad) merupakan sumber daya nasional yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuagan serta kemampuan komponen utama dalam hal ini TNI, baik dari anggkatan darat, laut maupun udara.

Letkol Faozan merincikan, sejumlah persyaratan harus dipenuhi seperti warga negara indonesia (WNI), usia minimal 18 sampai dengan 35 tahun, tidak memiliki catatan kriminalitas, sehat jasmani dan rohani, laki-laki atau perempuan, bukan anggota TNI/Polri, bersedia dimobilisasi di seluruh wilayah NKRI, dan bersedia mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh panitia.

Baca Juga : Pemkab Konawe Selatan Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

“Pendaftaran pelatihan Komcad bagi masyarakat dengan proses rekrutmen dibuka secara sukarela dan memiliki syarat tertentu harus dipenuhi pendaftar, untuk pendaftaran secara online bisa melalui website komcad.kemhan.go.id,” ungkap Letkol Faozan Selasa, 22 Maret 2022.

Dasar perekrutan Komcad itu dari PP nomor 3 Tahun 2021, Peraturan Pelaksana Undang-Undang nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, kemudian Perintah Lisan Pangdam XIV/Hasanuddin tanggal 17 Maret 2022, tentang perintah melaksanakan pembentukan komponen cadangan di wilayah satuan kodim jajaran kodam XIV/Hasanuddin, serta perintah lisan  Danrem 143/HO tertaanggal 18 Maret 2022, tentang perintah melaksanakan pembentukan komponen cadangan diwilayah satuan kodim jajaran kodam XIV/Hasanuddin,” tambah Letkol Faozan.

Berdasarkan jadwal yang ada, direncanakan perekrutan Komcad dimulai pada 1 Maret hingga 8 Mei 2022 mendatang, selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi dan selekesi kompetensi. Bagi peserta yang dinyatakan lulus, akan diumumkan pada akhir Mei 2022 mendatang dan ditutup dengan pengangkatan serta penyumpahan.

Baca Juga : Pemkot Kendari Gelar Musrenbang RKPD untuk Susun Pembangunan 2023

“Kita usahakan perekrutan calon Komcad bisa yang sudah bekerja sebagai PNS, pegawai swasta maupun mahasiswa. Sebagai langkah awal, proses sosialisasi secara masif kita lakukan dimasing-masing wilayah, khususnya di wilayah hukum Kodim 1413 Buton.

Untuk diketahui, Komcad hanya boleh digunakan untuk kepentingan pertahanan. Masa aktif komcad, tidak setiap hari. Setelah ditetapkan, anggota komponen cadangan kembali ke profesi masing-masing dan beraktivitas seperti biasa.

Masa aktif komponen cadangan hanya pada saat mengikuti pelatihan dan mobilisasi. Namun, anggota komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara. Komponen cadangan dikerahkan apabila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang. Kemudian, dimobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR, yang komando dan kendalinya berada di Panglima TNI.

Penulis : Adhil

Terkini