FEATUREDPENDIDIKAN

Kohati Komisariat dan BEM FISIP UHO Gelar Seminar Politik Perempuan

367
×

Kohati Komisariat dan BEM FISIP UHO Gelar Seminar Politik Perempuan

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Korps HMI-Wati (Kohati) Komisariat FISIP Universitas Halu Oleo (UHO) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UHO menggelar seminar Politik Perempuan dengan tema “Perempuan dalam Representase Politik” yang dilaksanakan di Aula Laki Laponto FISIP UHO, pada Kamis 19 April 2018.

Kegiatan tersebut, menghadirkan dua narasumber terbaik yakni, Dr Najib Husain MSi selaku pengamat politik Sultra sekaligus Dosen FISIP UHO dan Sitti Rakhman, selaku Eks Komisioner KPU Jawa Timur periode 2009-2013 yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Komisi II DPR RI dan turut dihadiri pula Dekan FISIP UHO, Dr Bahtiar MSi serta ratusan mahasiswa.

Ketua BEM FISIP UHO, Fatkhul mengatakan, sangat berterimakasih kepada seluruh komponen yang ikut serta merancang hingga mensukseskan kegiatan itu, terkhusus Kohati HMI komisariat FISIP.

Ia juga menyampaikan antusias yang begitu mendalam apa bila ada organisasi ekstra kampus seperti HMI terkhusus Kohati Komisariat FISIP mau berkolaborasi mengadakan kegiatan bersama.

BACA JUGA: Mahasiswa Desak Dekan FISIP UHO Segera Lakukan Penambahan Fasilitas Kuliah

Fatkhul menegaskan, guna menjadikan negara dan daerah seimbang maka laki-laki dan perempuan baiknya berkolaborasi di bidang politik, seperti yang telah diamanatkan Undang Undang bahwa 30 persen dari tiap Pemilihan Legislatif haruslah ada keterwakilan perempuan.

“Kesetaraan gender hari ini sangat penting, terlebih lagi perempuan harus punya jiwa leadership dan berani mengambil sikap untuk menggugurkan stigma buruk dari masyarakat yang katanya perempuan hanya bisa di dapur semata,” jelasnya.

Ketua Kohati Komisariat FISIP UHO, Angil Putri dalam sambutannya menegaskan, perempuan haruslah ikut serta turun dalam tiap kontestasi demokrasi dan perempuan harus memiliki nalar kepemimpinan dan tidak seharusnya perempuan hanya berjibaku dengan kesibukan rumah tangga semata saja.

“Kita perlu mengadakan pendidikan politik seperti mengikuti seminar-seminar tentang politik perempuan, dialog tentang keperempuanan dan lain sebagainya,” terannya.

Lebih lanjut, sebagai perempuan seharusnya kita saling memberikan pemahaman dan saling menyatukan persepsi bahwa politik perempuan itu sangat penting.

“Kita berharap kesadaran berpolitik terhadap perempuan lebih meningkat lagi, Kohati sebagai lembaga keperempuanan yang ada dalam tubuh HMI, tentulah memiliki peran penting dalam politik ke depannya,” ujar Angli dalam sambutannya.

Kegiatan seminar itu juga, sangat diapresiasi oleh Dekan FISIP UHO, Dr Bahtiar M Si, dalam sambutannya, ia menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, terlebih lagi karena kegiatan seminar politik perempuan merupakan hasil dari kerja sama dua organisasi internal dan eksternal kampus.

“Saya mengharapkan jangan henti-hentinya membuat kegiatan yang bertujuan baik seperti ini, apalagi menghadirkan tokoh nasional seperti Ibu Sitti Rakhman,” sanjungnya.


Reporter: Ruslan
Editor: Kardin

You cannot copy content of this page