oleh

Konawe Selatan Miliki 102 Obyek Destinasi Wisata

-NEWS-403 dibaca

KENDARI – Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengkonfirmasi lokasi destinas wisata unggulan yang tersebar di 11 titik lokasi.

Kadis Pariwisata Konsel, Ir. H. Adywarsyah Toar, M.Si mengatakan berdasarkan rencana induk pembangunan pariwisata di Konsel terdapat 102 destinasi wisata yang bervariasai ada wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah dan agrowisata yang tersebar di 336 desa di Konsel.

“Kalau berbicara potensi pariwisata di Konsel kami punya strategis atau tagline yakni “Surga Destinasi Wisata di Konawe Selatan,”, kata Kadis, saat menjadi Bincang Kita di Mektv, Jumat 4 Februari 2022.

Baca Juga : KPK Sudah Petakan Celah Korupsi dalam Tata Kelola Pinjaman PEN Daerah

Dari jumlah obyek wisata yang tersebar di 336 desa. Terdapat beberapa obyek wisata unggulan yang meliputi wisata bahari pantai senja, pantai kartika dan pulau Lara yang terletak di Desa Wawatu, Kecamatan Moramo.

Kemudian wisata air terjun Moramo, Desa wisata Sumber Sari dan pantai Wawosungguh Moramo, Kemudian di kecamatan Tinanggea meliputi obyek wisata pantai pasair putih Watumelewe dan wisata pemancingan Lalonggasu.

Di Kecamatan Kolono dan Kolono Timur meliputi obyek wisata puncak Puupi, wisata pantai Batu Putih, permandian kali Ulunese dan pantai Taba-Tabaro. Selanjutnya di kecamatan La eya yang terdiri dari obyek wisata pantai Nipon Torobulu dan benteng Nipon Torobulu. Kecamatan Laonti meliputi obyek wisata terpadu desa Namu, obyek wisata pulau Hari, pantai Baho, air terjun Tambolosu, air terjun Labuan Beropa, wisata pulau Lemo, air terjun Pitundanggea dan pulau cempedak.

Baca Juga : Wakapolres Kolaka Utara Berganti

Kadis mengatakan di kecamatan Buke, kecamatan Andoolo Barat dan kecamatan Benua meliputi obyek wisata Ranooha Lestari di kecamatan Andoolo, puncak Anese di kecamatan Andoolo Barat dan Desa Adat Benua di kecamatan Benua.

Kecamatan Lainea meliputi obyek wisata permandian air panas Lainea, wisata pantai Polewali dan wisata sejarah Benteng Lapadi. Sedangkan di kecamatan Wolasi, kecamatan Konda dan sekitarnya meliputi obyek wisata pemacingan Konda, wisata Bukit Kembang Cialam dan Puncak Tiriondahi sedangkan di kecamatan Wolasi meliputi obyek Wisata Popalia.

Lebih jauh diterangkan, kecamatan Ranomeeto, Ranomeeto Barat dan Kecamatan Mowila memiliki obyek wisata budaya Jati Bali dan obyek wisata budaya Sindangkasih di kecamatan Ronomeeto Barat, sedangkan di kecamatan Ranomeeto yakni wisata pemandian Wonua Monapa, sedangkan di kecamatan Mowila terdapat obyek wisata pemancingan Ronombayasa dan wisata budaya etnik Bali desa Wonukoa.

Sedangkan obyek wisata di kecamatan Angata, Basala dan Lalembuu, meliputi obyek wisata Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai dimana Taman Nasional memiliki keragaman hayati dan nirhayati yang khas dan bisa dimanfaatkan untuk tujuan wisata, penelitian, dan pendidikan

Penulis : Redaksi