FEATUREDKONAWE SELATANPERISTIWA

Konsel Kembali Terendam Banjir

228
×

Konsel Kembali Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini

ANDOOLO – Setelah sempat surut, kini dua Kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi sulawesi Tenggara (SULTRA) kembali direndam banjir, Selasa, (3/7/2018).

Dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Ranomeeto Barat dan Kecamatan Laeya. Dikatakan Camat Ranomeeto Barat, Rahmat Saleh S.Stp tiga desa yang terendam banjir di kecamatan itu adalah, Desa Boro-Boro Laemuru, Laikandonga dan Desa Tunduno.

“Terkait masalah tersebut, kami sudah menyampaikannya ke pihak BPBD Konsel dan saat ini kami siaga banjir,” ungkapnya.

Menurut Rahmat, banjir yang merendam wilayahnya itu diakibatkan luapan Sungai Konawe Eha, “Kalau hujan tidak juga berhenti, kemungkinan banjir akan bertambah parah,” ucapnya.

“Banjirnya ini, akibat luapan Sungai Konawe Eha, dimana aliran sungai tikungan patah 45 derajat sehingga menimbulkan naiknya air,” ungkapnya.

Lanjutnya, akibat banjir ditiga desa tersebut puluhan rumah warga terendam dan salah satunya memutus akses Desa Laikandonga dan Tunduno.

“Untuk Warga yang terkena banjir, kita evakuasi di balai desa untuk penanganan awal,” ujarnya.

Sementara itu, di Kecamatan Laeya, Desa Ambesea terjadi banjir akibat luapan Sungai Laeya. Volume air yang begitu banyak mengakibatkan beberapa rumah warga terendam banjir dan menggenangi akses jalan melewati lutut orang dewasa, sehingga mengakibatkan kemacetan bagi pengguna jalan.

Sementara itu, Wakil Bupati Konsel, DR Arsalim Arifin saat mengetahui adanya banjir, pihaknya turun langsung ke lokasi banjir. Ia menghimbau agar pemerintah kecamatan, mengevakuasi masyarakat yang terkena banjir.

“Saya juga, telah menyampaikan agar BPBD Konsel tetap siaga banjir dan pemerintah kecamatan. Begitu juga petugas kesehatan, agar siaga dilokasi dengan kelengkapan P3K dan kesehatan lainnya,” tutupnya.


Reporter : Erlin

You cannot copy content of this page