NEWS

Kunker ke Konsel, Menteri LHK RI akan Kembangkan TNRA Watumohai

481
×

Kunker ke Konsel, Menteri LHK RI akan Kembangkan TNRA Watumohai

Sebarkan artikel ini
Tampak Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, di dampingi Wakil Bupati Konsel saat meninjau TNRA Watumohai

KONAWE SELATAN – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK RI) Situ Nurbaya, akan mengembangkan kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan kabupaten Bombana.

Komitmen itu disampaikannya Sitti Nurbaya dihadapan Wakil Bupati Rasyid dan para Dirjen KemenLHK saat melakukan kunjungan kerja (kunker) persiapan kegiatan pelepasan liaran hewan jenis Anoa dan rusa dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh 9 Februari mendatang di Kota Kendari.

Sitti Nurbaya mengatakan pengembangan TNRAW akan menjadi program prioritas KemenLHK saat ini maupun kedepan.

Baca Juga : Teluk Kendari Bakal Ditanami Puluhan Ribu Bibit Mangrove

“Dengan potensi unggulan yang berbeda dengan taman lain, kami berkomitmen terus membangun lokasi ini untuk pelestarian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Konsep pengembangan wisata alam terintegrasi baik Savana, mangrove dan pegunungan dataran rendah,”Ungkapnya dilokasi penangkaran hewan langka Anoa dan Rusa di TNRAW Desa Tatangge Kecamatan Tinanggea. Jum’at, 4 Februari 2022.

Menurutnya potensi kekayaan alam tersebut yang juga diincar banyak pihak, Menteri Siti Nurbaya berharap dapat memberi manfaat secara ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Panorama TNRAW memiliki keunikan tersendiri, apalagi padang savana yang begitu luas enak dipandang,”jelasnya.

Baca Juga : Satu Rumah Warga Kolaka Utara Terbakar 

Menyinggung kegiatan HPN yang bakal di buka Presiden RI Jokowi, yang salah satu kegiatannya pelepasan liaran demi peningkatan populasi satwa endemik Anoa. Menteri berharap dukungan penuh pemerintah daerah Konsel untuk kesuksesan acara puncak dimaksud.

Sementara Wabup Rasyid yang turut mendampingi kunker Menteri menyatakan selamat datang sekaligus berterimakasih atas kunjungan dan perhatian lebih pihak kementerian

Ia juga berharap, sinergitas antar lembaga terus terjalin demi menjaga keseimbangan ekosistem alam dan mendorong geliat ekonomi masyarakat sekitar, baik melalui eko wisata maupun pemanfaatan hasil perikanannya melalui penangkapan ikan di sungai dalam lingkungan TNRAW.

 

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page