BREAKING NEWSPOLITIK

Lantik Panwascam, Ketua Bawaslu Baubau: Tiga Tugas Langsung Menanti

739
×

Lantik Panwascam, Ketua Bawaslu Baubau: Tiga Tugas Langsung Menanti

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Baubau, Sarmin saat melantik 24 Panwascam di 8 Kecamatan se-Kota Baubau.

BAUBAU, Mediakendari.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melantik 24 anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) di 8 Kecamatan diseluruh Kota Baubau, Jum’at 24 Mei 2024.

Ketua Bawaslu Baubau, Sarmin mengungkapkan usai dilantik tiga tugas tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 langsung menanti Panwascam se-Kota Baubau.

Ia menyebut, tahapan dimaksud yakni persiapan pengawasan verifikasi daftar pemilih tetap (DPT), verifikasi faktual dukungan perseorangan bakal calon kepala daerah dan tahapan wawancara seleksi calon Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD).

“Jadi Bawaslu Kota Baubau melalui pimpinan menyampaikan kepada mereka untuk menjaga integritas dan profesional sebagai pengawas di kecamatan,” ucap Sarmin dikonfirmasi usai pelantikan.

Sarmin menjelaskan pihaknya tidak melakukan rekrutmen baru dan memilih melanjutkan Panwascam yang menjabat saat Pemilu 14 Februari 2024 lalu dengan dua alasan.

“Pertama, kita punya dua penilaian yaitu penilaian kerja mandiri bagi Panwascam dan penilaian komisioner Bawaslu Baubau. Dari aspek penilaian itu mereka masih memenuhi syarat untuk dipertahankan. Kemudian tidak ada panwascam kami yang melanggar etika penyelenggara pemilu terkait integritas dan profesionalitas. Jadi kami bersepakat untuk melanjutkan sebagai pengawas pemilihan di 2024,” urainya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page