NEWS

Masuk 50 Besar ADWI, Bupati Konawe Selatan Libatkan Seluruh OPD Kembangkan Wisata 

667
×

Masuk 50 Besar ADWI, Bupati Konawe Selatan Libatkan Seluruh OPD Kembangkan Wisata 

Sebarkan artikel ini
Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST.,MM didampingi Kadis Pariwisata Adywarsah Toar saat mengikuti Bimtek dan Workshop online 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2022

KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga perintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lintas sektoral agar terlibat dalam  pengembangan potensi destinasi wisata di daerahnya.

Perintah itu disampaikan Surunuddin setelah Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik nasional, mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)  dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dimana, ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada Desa-Desa Wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kementerian Pariwisata dan  Ekonomi Kreatif/Baparekraf RI.

Baca Juga : Beredar Nama-nama Calon Pj Bupati untuk Tiga Daerah di Sultra, Ini Orangnya 

“Sarana dan prasarana di tempat wisata akan terus dilakukan pembenahan dan peningkatan, bahkan kedepan selain wisata alam. Desa Wisata ini kita jadikan tempat wisata edukasi. Bukan hanya di Desa Sumber Sari, tapi yang lain juga kita akan optimalkan. Untuk itu saya perintahkan seluruh OPD lintas sektoral terlibat dalam pengembangan destinasi wisata di Konsel ,” ungkap Surunuddin dalam keterangannya ditulis, Senin 09 April 2022.

Surunuddin mengaku bangga mengingat tahun ini jumlah peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) sebanyak 3.419 Desa Wisata dari 34 Provinsi di Indonesia. Setelah melalui serangkaian kurasi Tim Juri ADWI 2022 yang kompeten, Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari masuk 50 besar.

“Alhamdulillah, kita bersyukur Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari masuk 50 besar, sebagai pimpinan daerah saya bangga dengan seluruh tim khususnya dari Dinas Pariwisata dan pihak terkait, seperti tokoh masyarakat dan kelompok pemuda setempat yang terlibat,” ungkap Surunuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Konsel, Adywarsyah Toar mengungkapkan masuknya Desa Wisata di Konsel pada tahapan 50 Besar ADWI tahun 2022 diharapkan mampu memberikan pengaruh besar terhadap sektor pariwisata di Sultra khususnya Konsel.

“Event ini bertujuan menjadikan Desa Wisata Indonesia sebagai Destinasi

Pariwisata berkelas Dunia dan berdaya saing tinggi yang diselenggarakan sejak tahun 2021,” jelasnya.

Ady menuturkan 19 April 2022 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan peserta ADWI 2022 yang lolos ke tahapan 500 Besar. Perwakilan Desa Wisata Sultrabsebanyak 18 Desa Wisata, salah satunya Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari.

“Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari lolos 300 Desa Wisata (ADWI) 2022, kemudian lolos lagi 100 besar. Pada 26 April 2022 kembali diumumkan 50 besar Desa Wisata (ADWI) 2022. Dua Desa Wisata perwakilan Sultra, yakni Desa Wisata Air terjun Moramo Sumber Sari dan Desa Wisata Limbo Wantiro,” sebutnya.

Baca Juga : Sulkarnain Kadir : HUT Kendari Jadi Momentum Masyarakat Menggali Potensi Daerah

Setelah masuk 50 besar, sambungnya,

akan diseleksi kembali oleh Dewan

Juri. Dengan tujuh kategori penilaian, klasifikasi Desa Wisata dan kelengkapan melalui data website Jadesta.com, yang akan menghasilkan pemenang Ajang Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Saya mengajak seluruh rekan rekan OPD lintas sektoral dan pihak terkait lainnya, mari bersama-sama membangkitkan gairah pariwisata di Konsel,” ajak Ady.

Kepala Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Suartin menambahkan ketujuh kategori penilaian adalah daya tarik pengunjung yang memiliki keunikan dan keaslian alam dan buatan, homestay, souvenir, digital dan kreatif, toilet umum, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) dan kelembagaan desa.

 

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page