oleh

Menkeu Ingatkan Kepala Desa Tidak Salah Gunakan Dana Desa

KENDARI – Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani mengingatkan agar para kepala desa tidak menyalahgunakan Dana Desa (DD) yang disalurkan pemerintah. Hal ini disampaikannya dalam acara Desiminasi Dana Desa di Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis (30/08/2018).

Kata dia, agar tidak salah langakah, para kepala desa harus menyampaikan berapa semua dana desa yang diterima dari pemerintah pusat.

Sri Mulyani menegaskan agar di tiap desa harus ada papan pengumuman DD tersebut.

“Jadi informasinya kompleks semua, berapa yang ditransfer dari pemerintah pusat kepada daerah kemudian ke desa. Setalah itu pemanfatannya juga harus disamapaikan kepada masyarakat,” katanya di hadapan para kepala desa se-Konsel.

Ia mengambil contoh di Jawa misalnya, beberapa desa di sana setiap kantor desa itu mereka punya papan informasi.

Yang menggambarkan berapa dana desa yang dari APBD bagaiamana penggunaanya dan bagaimana pemanfatanya serta bagaimana pertanggung jawabannya.

“Harus ada juga upaya pembukuan yang sederhana sehingga rakyat mengetahui pengelolaan dana desa ini, jelasnya.

Ia berharap program pemanfaatan DD ini bisa disampaikan melalui musrembang sehingga masyarakat bisa tahu pemanfatan dana desa dan lebih terkontrol.

“Tapi kalau ada kepala desa yang main-main dengan DD kita laporkan saja kepada yang berwajib agar di proses, begitu saja ya,” tandas Sri Mulyani.(a)


Reporter: Rahmat R

Komentar

1 komentar

Komentar ditutup.

Terkini