NEWS

Merawat Keberagaman Budaya, Pemprov Sultra Bersama Polda dan UHO Teken MoU 

351
×

Merawat Keberagaman Budaya, Pemprov Sultra Bersama Polda dan UHO Teken MoU 

Sebarkan artikel ini
Tampak saat suasana penanda tanganan MoU dari Pihak Polda Sultra, UHO dan Pemprov

KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Polda Sultra dan Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan teken Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka upaya merawat keberagaman budaya di aula gedung rektorat UHO Kamis, 17 Maret 2022.

Pemprov Sultra melalui Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio mengatakan giat tersebut merupakan suatu langkah untuk sebagai pencerahan dan pembelajaran terhadap keberagaman budaya

“Semoga dengan penandatangan ini kerjasama ini saya berharap bisa dapat menjadi spirit untuk menumbuhkan sikap toleransi,” ujarnya.

Ditempat yang sama  Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu mengatakan bahwa dari keberagamannya suatu daerah bisa dapat menjadi pemersatu bangsa.

“Keberagaman budaya bukan menjadikan Kita untuk semakin berbeda tetapi keberagaman dapat dijadikan pemersatu bangsa, hal tersebut mesti kita jadikan pemahaman dan memaknai gambaran tentang Sultra,” ucapnya.

Baca Juga : Pesan Sarjono Turin Sebelum Tinggalkan Kejati Sultra 

Hal senada diungkapkan Kapolda Sultra, Irjen Pol Teguh Pristiwanto. kata Teguh, hal tersebut sesuai dengan yang telah di programkan Polri.

“Keberagaman Budaya merupakan Iplementasi Program Kapolri yang ke 10 (Sepuluh) terkait penguatan penanganan konflik sosial,” ujarnya saat membawakan sambutan.

Selain itu, ia juga menambahkan agar hal tersebut dapat mencegah terjadinya konflik sosial sehingga diperlukan kesadaran bersama salah satunya dengan dituangkannya dalam MoU ini.

“MoU hari ini adalah salah satu bentuk pencegahan konflik sosial atas perbedaan ditengah masyarakat, dan untuk itu keberagaman budaya mesti diartikan sebagai salah satu alat pemersatu bangsa,” katanya.

Pihaknya juga berharap agar perbedaan budaya dapat menjadi pembelajaran khasanah budaya bangsa bagi masyarakat dan bahan edukasi bagi Pelajar.

Lebih lanjut, Kapolda Sultra juga tak lupa meningkatkan diakhir sambutannya agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan mengikuti vaksinasi dan sama-sama melakukan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng.

 

Penulis : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page