NEWS

Meriahkan HPN, Kantor Bahasa Sultra Edukasi Masyarakat dengan Permainan Teleka

426
×

Meriahkan HPN, Kantor Bahasa Sultra Edukasi Masyarakat dengan Permainan Teleka

Sebarkan artikel ini
Tampak suasana Antusias masyarakat dalam memainkan permainan Teleka

KENDARI – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) turut memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diadakan di Kota Kendari dengan berbagai edukasi dan lomba salah satunya permainan teleka tebak kata menggunakan bahasa Tolaki.

Kordinator Penyuluh Kantor Bahasa Sultra, Untung Kustoro saat ditemui media ini mengatakan permainan Teleka merupakan sistem permainan dengan mengenalkan bahasa daerah perkembangannya ke bahasa Indonesia dalam bentuk permainan monopoli.

“Sebenarnya sasarannya banyak tapi kita mengarah pada kata kata supaya masyarakat mengenal dari bahasa tolaki ke bahasa Indonesia,”. Jelasnya, Rabu 9 Februari 2022.

Baca Juga : Bupati Konawe Selatan Ubah Asembu Mulya Jadi Desa Digital

Lanjut Untung menjelaskan dalam permainan ini ada juga bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Permainan ini di mainkan dengan melempar dadu kemudian peserta akan tau dapat kata apa kemudian kata yang baik dan benar itu seperti apa,” katanya.

Lanjut dia mengatakan disini juga kami menampilkan uji kemahiran berbahasa Indonesia atau yang kita kenal pers UKBI adaptif. Untuk UKBI sendiri modelnya adaptif jadi kita ada aplikasi sendiri dari Kemendikbud dalam aplikasi ini terdapat komponen-komponen berbahasa Indonesia.

Baca Juga : SIWO Berikan Penghargaan untuk Gubernur Sultra

“Jadi peserta tingal masuk dilink Kemendikbud kemudian melakukan pendaftaran dan melakukan test kemudian akan tahu hasilnya,” terangnya.

Selanjutnya Untuk juga menyebutkan
pihaknya juga mengadakan lomba foto selfi atau swafoto. Dan akan ada tiga orang pemenang. lomba ini di mulai sejak tanggal 6 dan akan di umumkan hari ini tanggal 9 bertepatan dengan penutupan HPN ini.

“Peserta tinggal mengambil swa foto paling menarik dan ada unsur stand bazar kantor bahasa, dan tidak ada kriteria khusus. Dan peserta tinggal upload di akun resmi Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara,” pungkasnya.

 

Penulis : Sardin.D

You cannot copy content of this page