NEWS

Momen GTRA Summit, Gubernur Ali Mazi Terharu

493
×

Momen GTRA Summit, Gubernur Ali Mazi Terharu

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (9 Juni 2022). Presiden didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Indnesia Maju.

Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kehadiran Orang Nomor Satu di Indonesia ini di Bumi Anoa.

“Kehadiran Bapak Presiden bersama Ibu Negara pada hari ini menjadi sebuah sejarah penting yang akan terus dikenang masyarakat Wakatobi khususnya, karena merupakan Presiden dan Ibu Negara pertama yang berkunjung ke Wakatobi sejak Indonesia merdeka,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima awak MEDIAKENDARI.COM.

Baca Juga : Jika Berprestasi, Bonus Menanti Kafilah MTQ Provinsi Asal Konsel

Kemudian Secara khusus, Gubernur mengungkapkan rasa harunya, karena sejak Indonesia merdeka, baru satu orang putra daerah Sultra yang menjadi menteri, dan itu ada pada masa Presiden Joko Widodo.

“Saudara Bahlil Lahadalia, Bapak percayakan sebagai menteri. Saya merasa terharu karena Bapak percayakan (jabatan Menteri, red) kepada salah satu putra daerah kami yang sudah lama hilang, tiba-tiba menjadi menteri. Terima kasih Bapak Presiden,” sanjungnya dengan nada haru.

Selanjutnya Gubernur optimistis, kehadiran Presiden dapat menjadi spirit bagi seluruh elemen di Wakatobi dan Sultra untuk memulihkan ekonomi setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga : Optimalkan Persiapan, 28 Peserta MTQ Konsel Ikuti Training Center

Kehadiran Presiden sekeligus menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi masyarakat Sultra dan Wakatobi yang akan menjadi energi positif bagi kemajuan masyarakat. Oleh karena itu, Gubernur menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Presiden.

Gubernur juga menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, para anggota DPR RI, DPD RI, para Gubernur dan bupati/walikota.

Terkait dengan GTRA Summit, Gubernur menyatakan kegiatan ini telah lama dipersiapkan, bahkan sejak tahun 2021 lalu. Pelaksanaan GTRA Summit 2022 merupakan perintah langsung Presiden kepada Gubernur Sultra yang bekerjasama dengan Kementerian ATR/BPN.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Kosmetik Ilegal, BPOM Kendari Gelar Pemilihan Duta Kosmetik

Gubernur mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan strategis sebagai wujud implementasi arahan Presiden Membangun Indonesia dari Pinggiran sekaligus menyambut Presidensi G20.

Selain pertemuan, juga akan dilaksanakan sejumlah agenda lainnya antara lain peresmian KMP Sultan Murhum II, peresmian Pelabuhan Penyeberangan Kaledupa-Tomia-Binongko, penyuluhan dan penanganan stunting oleh Ibu Negara.

Sementara Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, dalam sambutannya meng0ungkapkan, pada pertemuan GTRA Summit ini, akan dibahas beririsan kewenangan antara Kementerian ATR/BPN dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Baca Juga : Presiden Jokowi Tiba di Wakatobi Langsung Buka GTRA Summit 2022

Selama ini, masyatakat yang tinggal di atas air (pesisir) tidak bisa memperoleh hak mereka sehingga tidak memiliki akses ke lembaga keuangan, termasuk kredit usaha rakyat (KUR).

Total sebanyak 6.437 sertifikat untuk masyarakat Suku Bajo di seluruh Sultra akan mendapatkan sertifikat.

Sementara itu, dalam sambutannya pada pembukaan acara yang digelar di Marina Togo Mowondu di Wanci, Ibukota Wakatobi, Presiden menegaskan agar lembaga negara baik pusat maupun daerah untuk saling terbuka dan bersinergi dalam menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa.

“Saya tidak bisa mentolerir terjadinya kerugian negara, terjadinya kerugian masyarakat, yang disebabkan oleh ego sektoral dan ego lembaga. Stop, persoalan dimulai dari sini (ego sektoral dan ego lembaga),” tegasnya.

Reporter : Sardin D.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page