Kendari

Muhaimin Iskandar Dirikan Posko Gerakan Bangkit Belajar Gratis di Sultra

254
×

Muhaimin Iskandar Dirikan Posko Gerakan Bangkit Belajar Gratis di Sultra

Sebarkan artikel ini
Gerakan Bangkit Belajar
Posko Gerakan Bangkit Belajar Sultra

Reporter : Sardin. D
Editor : Ardilan

Kendari – Muhaimin Iskandar mendirikan posko Gerakan Bangkit Belajar untuk peserta didik di Sulawesi Tenggara (Sultra). Di Sultra, Gerakan Bangkit Belajar pertama kali dibuka di sekitar pesisir Kelurahan Purirano Kecamatan Kendari Kota Kendari dan resmi dilaunching Kamis 13 Agustus 2020.

Muhaimin Iskandar melalui koordinator Wilayah Gerakan Bangkit Belajar Sultra, Jaelani mengungkapkan gerakan sosial ini diinisasi oleh Muhaimin Iskandar yang prihatin dengan kondisi pendidikan Indonesia yang mengalami situasi buruk di masa pandemi.

“Banyak berita-berita kita dengar orang tua terpaksa mencuri handphone demi memfasilitasi anaknya. Bahkan banyak masyarakat pesisir dan pinggiran mengeluhkan paket data. Pada sisi ini lah dibangun Gerakan Bangkit Belajar dan akan berjalan maksimal seluruh Indonesia,” ucap Jaelani kepada MEDIAKENDARI.Com.

Posko Awal Gerakan Bangkit Belajar

Jaelani mengatakan pesisir Kelurahan Purirano menjadi posko awal bagi Gerakan Bangkit Belajar. Selain itu, pihaknya juga berencana akan membuka posko di beberapa titik di Kota Kendari.

“Ini salah satu posko kita karena kita memilih berdasarkan identifikasi awal banyak keluhan masyarakat tentang minimnya fasilitas belajar online,” bebernya.

Ia menerangkan posko tersebut akan difasilitasi dengan wifi gratis, handphone pinjam pakai, termasuk disiapkan komputer dan relawan. Selain itu, dalam proses belajar mengajar tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Ini akan dijangkau oleh warga pinggiran. Gerakan sosial ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat di tengah pandemi covid-19,” ujarnya.

Ia menyebut, pihaknya bakal membangun posko di seluruh 17 Kabupaten/Kota se-Sultra. Hal ini untuk menghidupkan kembali dunia pendidikan selama pandemi.

Terkait metode pembelajaran, kata dia, hal itu akan diatur oleh relawan. Guru juga bisa hadir bersama untuk mengajar siswanya masing-masing dengan memanfaatkan fasilitas belajar yang sudah disiapkan. “Kita harap ini bisa menunjang proses pembelajaran bagi seluruh siswa di pelosok dan di daerah pesisir,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar dalam sambutannya melalui video virtual Zoom menambahkan pandemi virus corona turut berdampak pada anak-anak yang menempuh pendidikan. Untuk itu, lewat Gerakan Bangkit Belajar ini bisa kembali memberi motivasi kepada siswa untuk tetap belajar sekalipun di tengah pandemi.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat meringankan beban orang tua siswa akibat pembelajaran jarak jauh (PJJ). “Ini gerakan inisiatif untuk membangkitkan pembelajaran di masa pandemi,” tandasnya.

You cannot copy content of this page