KONAWE SELATAN

Panen di UPT Tolihe, Bupati Konsel Apresiasi Kelompok Tani Sidomulyo

491
×

Panen di UPT Tolihe, Bupati Konsel Apresiasi Kelompok Tani Sidomulyo

Sebarkan artikel ini
Bupati Konsel
Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga saat melakukan panen di UPT Tolihe

Reporter : Erlin

PALANGGA – Peningkatan produktivitas sektor pertanian, perkebunan dan hortikultura menjadi salah satu tujuan program Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Demi terwujudnya hal tersebut tentunya perlu adanya sinergi dan dukungan antara Pemerintah Konsel dengan pelaku sektor pertanian termasuk di dalamnya Kelompok Tani (Poktan).

Bupati Konsel, Surunuddin pun memberikan apresiasi yang tinggi atas eksistensi Poktan yang mampu menunjukkan hasil kerja kerasnya dengan panen yang melimpah.

Di acara expo mini dan silaturahmi dengan Poktan se kabupaten Konsel, Rabu 22 Juli 2020, di areal perkebunan Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Tolihe Kecamatan Palangga, Surunuddin Dangga memberikan penghargaan kepada Poktan Sidomulyo yang berada di UPT tersebut yang dianggapnya berhasil.

“Sebagai bentuk apresiasi saya menberikan satu unit kultivator ( alat mesin pertanian) untuk Poktan Sidomulyo agar bisa lebih mengembangkan potensi perkebunan di wilayahnya,” ungkap Surunuddin

Kata dia, hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya stimulus bagi Poktan lainnya di Konsel agar mampu mengikuti capaian hasil Poktan Sidomulyo.

Ditempat sama, Kadis Tanaman pangan perkebunan dan hortikultura Konsel, Hidayatullah mengatakan luasan areal lahan yang telah diolah dan dikelola di UPT Tolihe adalah 20 hektar, dan catatan hasil panen periode april-juni untuk sejumlah hasil perkebunan seperti Cabe, Tomat, Gambas dan ketimun mencapai angka 25 ton.

“Alhamdulillah hasil panennya bisa cepat laku dijual. Hasil panen didistribusikan di sejumlah pasar tradisional yang ada di Konsel,” ujarnya.

Hidayatullah menjelaskan pentingnya sinergi untuk satu tujuan peningkatan produktivitas dan perekonomian pelaku sektor pertanian agar terus membina kemitraan dengan Kelompok Tani yang ada di Konsel.

Usai tatap muka, Bupati Surunuddin yang didampingi ketua TP PKK Konsel, Hj Nurlin Surunuddin, anggota DPRD Konsel Dapil Konsel-Bombana Rasyid serta Sekdis Perkebunan dan Hortikultura Provinsi Sultra, Ir Syamsunar kemudian melaksanakan panen hasil tanam Poktan Sidomulyo.

Dikesempatan tersebut juga pihak Dinas perkebunan dan holtikultura provinsi Sultra menyerahkan sejumlah bantuan peralatan pasar tani untuk Poktan Sidomulyo yang diserahkan Ir. Syamsunar kepada ketua Poktan Sidomulyo, Tujono.

You cannot copy content of this page