NEWS

Paseba Harap Peran Pemkot Baubau Sukseskan Pameran Seni

396
×

Paseba Harap Peran Pemkot Baubau Sukseskan Pameran Seni

Sebarkan artikel ini
Paseba Baubau mempersiapkan kegiatan pagelan seni melukis

BAUBAU – Paguyuban Seniman Rupa Baubau (Paseba) Sulawesi Tenggara (Sultra) berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau ikut berperan dalam menyukseskan pameran seni lukisan dalam rangka mencanangkan Hari Menggambar Nasional (HMN) yang bakal digelar di Gedung Tourism Information Center Pantai Kamali 14 Mei 2022 mendatang.

Peran Pemkot Baubau dimaksud yaitu memberikan dukungan anggaran. Sebab, saat ini PASEBA terkendala minimnya dana yang dimiliki.

“Kami sudah dibantu Gedung oleh Dinas Pariwisata Baubau dan dana untuk membeli beberapa lembar triplex dan paku, tapi kami masih membutukan anggaran untuk membeli bahan-bahan kebutuhan lainnya,” ungkap Ketua Paseba, Herry Kisswanto dalam keterangannya Sabtu, 07 Mei 2022.

Baca Juga : Wali Kota Kendari Buka Pertandingan Futsal HUT IKA SMANSA

Ia mengaku HMN seharusnya mulai digelar pada Senin, 02 Mei 2022 lalu. Namun, karena bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 2022 pihaknya menunda pelaksanaan kegiatan.

Herry mengatakan sejauh persiapan pihaknya sudah 50%. Namun kendala anggaran sehingga belum 100% rampung. Olehnya, ia berharap pecinta seni juga ikut memberikan kontribusi agar kegiatan tersebut sukses. Pasalnya, pameran itu akan disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui live streaming yang diadakan oleh Forum Drawing Indonesia (FDI).

“Saya sudah beberapa kali mewakili Sultra untuk membawa nama baik Kota Baubau dalam pameran seni rupa agar masyarakat indonesia bisa melihat bahwa wajah kota Baubau diketahui masih memiliki seniman aktif,” ucapnya.

Baca Juga : Ketua DPRD Kendari : Kemudahan Pelayanan Solusi Bagi Investor

Ia menyebut, pelaku seniman yang berada di komunitas Paseba sudah memasuki usia paling rendah 30 tahun. Menurutnya, pameran lukisan kali ini bertujuan untuk memberikan motifasi kepada anak bangsa dan meningkatkan kesadaran pentingnya nilai seni bagi masyarakat dan juga menciptakan regenerasi bagi pelaku seni di kota Baubau.

Dirinya berharap agar generasi muda khususnya masyarakat kota Baubau dapat melanjutkan seni yang telah mereka capai saat ini tidak terputus. Herry juga mengimbau jika ada masyarakat yang ingin berminat untuk memiliki lukisan yang telah disiapkan pada pameran nanti, masyarakat dapat membelinya sesuai harga yang telah ditentukan oleh masing-masing pelukis.

“Masing-masing anggota menerima jasa pesanan menggambar apa saja dan telah menyiapakan tarif yang telah ditentukan oleh masing-masing pelukis,” tutupnya.

 

Reporter : Ardilan

You cannot copy content of this page