NEWS

Peduli Mutu Pendidikan, Pemda Konawe Ingin Sekolah-sekolah Paham Alur Akreditasi

195
×

Peduli Mutu Pendidikan, Pemda Konawe Ingin Sekolah-sekolah Paham Alur Akreditasi

Sebarkan artikel ini

KONAWE – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) rupanya peduli terhadap peningkatan mutu pendidikan di daerah itu.

Kepedulian itu coba diwujudkan melalui peningkatan akreditasi sekolah-sekolah baik sekolah negeri seperti SD, SMP dan SMA maupun kejuruan serta madrasah.

Peningkatan akreditasi sekolah juga rupanya sejalan dengan program nasional melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang acuannya terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 13 Tentang Badan Akreditasi Nasional S/M dan Badan Akreditasi Nasional PAUDNI serta Pendidikan Non Formal.

“Kita mensosialisasikan peningkatan akreditasi agar proses akreditasi bisa ditingkatkan dengan mudah. Selain itu, supaya sekolah maupun madrasah dapat lebih memahami mekanisme, strategi dan fungsi akreditasi yang sesuai aturan berlaku,” ungkap Kepala Dinas Dikbud Konawe, Suriyadi dalam keterangannya ditulis Kamis, 12 Mei 2022.

Baca Juga : DPRD Paripurnakan HUT Konawe Selatan ke-19

Suriyadi berharap dengan sosialisasi tersebut sekolah dapat lebih memahami alur akreditasi.

Ia mengatakan sosialisasi akreditasi menyasar seluruh sekolah di Konawe mulai dari jenjang SD hingga SMA dan setingkatnya.

Suriyadi menerangkan sekolah di Konawe saat ini mayoritas memiliki akreditasi C. Sedangkankan untuk akreditasi A dan B masih terbilang sedikit. Keseluruhan akreditasi sekolah merupakan lingkup Dikbud dan Kemenag Konawe. Hal itu kemudian membuat Dikbud Konawe terus menggenjot peningkatan akreditasi.

“Paling banyak itu akreditasi C. Kalau dipresentasekan sesuai data 75 persen C. Sedangkan B baru 25 persen dan A masih 29,3 persen,” bebernya.

Ia menambahkan sosialisasi peningkatan akreditasi pihaknya menggandeng Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM) Sultra. (Adv).

Reporter : Redaksi

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page