oleh

Pemda Konsel Terima Penghargaan SAKIP Award 2018

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima penghargaan SAKIP Award 2018, predikat B dengan nilai 62,23 poin, dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2018.

Penghargaan diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Drs. Syafruddin, M.Si kepada Bupati Konsel Surunuddin Dangga, pada kagiatan penyerahan laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah provinsi kabupaten kota, wilayah III, di Makassar, pada selasa, (19/2/2019).

Terkait penghargaan ini, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, predikat B yang diraihnya merupakan prestasi membanggakan, sebagai bukti kinerja Pemda untuk dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih sejak 2017 lalu.

Menurutnya, penghargaan yang diterima tersebut bukti keseriusan dan kerja nyata Pemda bersama seluruh perangkat daerah, dalam memberikan pelayanan dan tata kelola pemerintahan yang baik, untuk masyarakat.

“Target kita tahun 2019 bisa naik level menjadi predikat A,” ungkap mantan Ketua DPRD Sultra ini, usai menerima penghargaan.

Ia juga menuturkan, untuk meraih predikat tersebut, Konsel bersaing dengan daerah di zona wilayah III yakni 163 pemerintah kabupaten kota dan 12 pemerintah provinsi yang meliputi DIY, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, serta Papua Barat.

“Upaya kita untuk meraih predikat A adalah meningkatkan kualitas SAKIP dengan monitoring dan evaluasi penerapan RPJMD dibarengi dukungan sumber daya manusia yang berkomitmen dan berintegritas,” ujarnya.

Selain itu, Pemda juga akan meningkatkan sinergitas antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta menekankan pada penggunaan anggaran yang efektif dan efisien serta mengaplikasikan seluruh arahan Menpan-RB dan Deputi.

Ia menambahkan, tujuan evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah oleh Kemenpan-RB ini dilakukan, untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggung jawaban atas penggunaan anggaran, guna terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil.

“Dalam kegiatan ini Pemda diberikan saran perbaikan yang diperlukan guna penyempurnaan pengelolaan anggaran yang efektif dan efisien,” terangnya.

Pada penyerahan penghargaan ini, Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, ST., MM hadir didampingi kepala Inspektorat Mujahidin, S.Pd., SH., MH. kepala Bappeda Hj. Marwiyah Tombili, SE., M.Sc , Kabag Orpeg Purnawati puspitasari,ST, M.Ap dan Kabag Humas Muh. Taufiq Amin Lar, AP., M.Si. (B)


Terkini