oleh

Pemkab Konawe Selatan Bakal Bagikan Perangkat TV Digital Secara Gratis 

-NEWS-63 dibaca

KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) berencana membagikan perangkat Set Top Box (STB) secara gratis bagi masyarakat yang memenuhi syarat.

Wakil Bupati Konsel, Rasyid menjelaskan hal itu dilakukan guna mendukung program Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dalam upaya mengganti siaran Televisi (TV) Analog ke TV digital.

“STB akan diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang telah termasuk dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang telah terverifikasi oleh kemesos,”  ungkap Rasyid, usai menggelar sosialisasi STB melalui Zoom Metting di ruang rapat kantor Bupati Kamis, 23 Juni 2022.

Baca Juga : Mei 2022, Kalla Toyota Kuasai Market Share Sulawesi

Mantan anggota DPRD Provinsi Sultra ini menyebut, dari DTKS Dinas Sosial konsel jumlah DTKS lebih dari 20.000 Kepala Keluarga (KK). Namun kata dia, tahun ini pemkab konsel bakal menyalurkan STB kepada 12.900 KK, DTKS.

Untuk memastikan penerima STB, tepat sasaran, Rasyid meminta kepada para Camat agar menyampaikan dan mengundang semua desa-desa untuk diverifikasi.

“Tentunya pemda akan komitmen mengawal pedataan DTKS guna mendukung program tersebut,” kata Rasyid.

Sementara itu, Kadis Kominfo, Hidayatullah mengatakan saat ini pemda konsel tengah melakukan pendataan hingga tanggal 30 Juni mendatang. “Untuk Pendataannya dipastikan bersama-sama antara kepala Desa dan pendamping sosial dan nantinya akan diverifikasi di kecamatan,” kata mantan Kepala DPM-PTSP Konsel.

Baca Juga : Tim Buser 77 Amankan Pencuri Iphone 7 Plus dan Vivo Y21S di Kambu

Hidayatullah menjelaskan secara teknis program tersebut bagian dari pemerintah pusat agar setiap informasi cepat ditangkap dan diterima oleh masyarakat. Jadi menurut dia, secara tidak langsung siaran tivi analog akan di hentikan secara bertahap.

“Di negara lain sudah pindah ke TV digital kalau Indonesia masih TV siaran analog, maka dari itu kementerian Kominfo menginisiasi ini dengan berkerja sama dengan departemen sosial untuk membantu yang tidak mampu,” Jelasnya.

Hal yang tak kalah penting, tambah Hidayatullah, migrasi kesiaran digital akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan industri konten. “Akan semakin banyak program-program menarik melalui TV digital,” ucapnya.

 

Penulis : Erlin

Terkini