NEWS

Pemkab Konawe Selatan Peringkat Dua Dari 17 Kabupaten di Sultra Tertinggi Realisasi Investasi

1613
×

Pemkab Konawe Selatan Peringkat Dua Dari 17 Kabupaten di Sultra Tertinggi Realisasi Investasi

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Pemkab Konsel) lampaui target realisasi investasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dimana di tahun 2021 capai Rp 2,665 Triliun.

Dibandingkan tahun 2020, hanya Rp 1,5 Triliun. Capaian itu menjadikan Pemkab Konsel menduduki posisi kedua dari 17 kabupaten/kota se-Sultra, dalam hal realisasi investasi tahun 2021.

Baca Juga : Omicron Mulai Gerogoti Dunia Pendidikan di Konawe, Kadis Diknas : Kita Antisipasi Dengan Daring

“Target kami kemarin pada tahun 2021 yakni Rp 1,5 Triliun. Artinya realisasi investasi Rp 2,665 Triliun ditahun 2021 kemarin, melampaui target RPJMD. Dan ini akan terus ditingkatkan. Targetnya realisasi investasi tahun 2022 ini, Rp 2 Triliun,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Konawe Selatan, Drs I Putu Darta, Mt,saat di konfirmasi media ini.Jumat,18 Februari 2022.

Data Kementerian Investasi/ BKPM Realisasi Investasi di Sultra

Ditekankan Putu,bahwa investasi yang baik, berdampak positif bagi tumbuh dan berkembangnya daerah serta kesejahteraan masyarakat. Sambung dia menjelaskan peran investasi swasta lebih tinggi dari peran investasi pemerintah. Dirinya menyebut, Konawe Selatan adalah surga investasi. Dengan sejuta potensi yang dimiliki. Oleh karena itu, potensi yang dimiliki harus terkelola secara baik.

“Seperti yang disampaikan Menteri Investasi/Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadalia, dalam video conference dua hari lalu, terkait realisasi investasi tahun 2021 peran investasi pemerintah hanya 15 persen. Selebihnya adalah dari pihak swasta. Makanya kami membuka pintu investasi seluas luasnya di Konsel. Karena daerah ini memiliki potensi investasi yang sangat besar,” kata Putu.

Baca Juga : Blocks Mart akan Hadir Sebagai Wadah Kreatif UMKM Se Sultra

Dirinya paham betul, salah satu yang menarik investasi adalah proses perizinan yang mudah, cepat dan nyaman. Makanya, sekarang pihaknya dibawah instruksi Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM akan membangun Mall Pelayanan Publik (MPP). Seluruh pelayanan yang ada di Pemkab Konsel akan ditempatkan disana.

“Kami bersyukur, pimpinan daerah dalam hal ini bapak Bupati sangat mendukung hal tersebut. Tahun 2022 ini sudah mulai tahap konstruksi. Anggaran yang digunakan kurang lebih delapan miliar rupiah. Berlokasi disamping kantor DPM-PTSP,” jelasnya.

Penulis : Erlin.

You cannot copy content of this page