Pemprov Sultra Tak Alokasikan Anggaran Untuk Pembangunan Stadion Lakidende Tahun Ini

NEWS309 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra tidak menganggarkan untuk pembangunan Stadion Lakidende tahap tiga di tahun 2023.

Untuk penganggaran yang sudah dikucurkan sendiri yakni, di tahun 2021 tahun lalu disediakan sekitar Rp27 miliar dan tahun 2022 silam sekitar Rp17 millar.

Kepala Dinas Ciptakan Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Pahri Yamsul mengatakan, tidak dianggarkannya di tahun ini, karena mengingat polemik lahan sekitar kawasan belum tuntas.

Baca Juga : BPVP Kendari Latih 10.200 Orang di Tahun 2022

“Sehingga saat ini yang telah diselesaikan baru bagian yang tak bermasalah. Sebenarnya untuk stadion Lakidende tahap dua sudah selesai 100 persen. Yang kami kerjakan hanya kawasan yang sudah clear dalam artian tak ada sengketa. Sehingga untuk tahun depan kita tidak menganggarkan untuk pengerjaan lanjutan tahap tiga. Tapi untuk tahap satu dan dua kita sudah tuntaskan, ” beber Fahri di Kendari, Kamis (05/01/22).

Menurutnya, stadion Lakidende yang dibangun dengan mengacu pada standar Fédération Internationale de Football Association (FIFA) ini sendiri seharusnya rampung pada 2023.

“Jadi kami akan tunggu sampai polemik asetnya tuntas baru kita akan lanjutkan pengerjaan. Untuk anggaran keseluruhan kawasan telah diproyeksikan sekira Rp200 miliar dan dianggarkan secara bertahap. Dimana pada tahap I (2021) telah dianggarkan Rp27 miliar dan tahap II (2022) dianggarkan sekira Rp17 miliar,” beber Fahri.

Anggaran yang telah digunakan sekitar Rp34 miliar dengan menuntaskan pengerjaan tribun Timur dan tribun Selatan. Dan sesuai desain ini, baru akan tuntas dengan anggaran Rp200 miliar.

Baca Juga : PPKM Dicabut, Pemkot Kendari Imbau Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

“Sebab kita menambah kapasitas bangku penonton stadion 50 kali lipat dari kondisi awal atau sekira 25 ribu orang, yang sebelumnya kapasitasnya hanya 4 ribu. Jadi memang anggaran yang dibutuhkan cukup besar,” sambungnya.

Meski demikian, pihaknya tetap akan berupaya menuntaskan pengerjaan kawasan. Jadi di luar dari kawasan stadion yang masih berpolemik saat ini.

“Saya berharap Stadion Lakidende bisa cepat selesai dengan baik, sehingga masyarakat Sultra bisa segera memanfaatkan aset pemerintah ini secara fungsional. Sehingga prestasi olahraga kita juga bisa meningkat melalui sepak bola,” tukas Fahri.

Reporter : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari