oleh

Peringatan HUT ke-15 Konut Dimeriahkan Pawai Budaya Nusantara

-NEWS-55 dibaca

KENDARI – Perayaan hari ulang tahun (HUT) kabupaten Konawe Utara (Konut) ke-15, Senin 3 Januari 2022 dimeriahkan dengan pawai budaya nusantara yang diikuti berbagai etnis yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ratusan barisan peserta pawai budaya dari berbagai paguyuban budaya dan organisasi perangkat daerah (OPD) serta masyarakat memadati jalan pelataran kantor Bupati Konut. Berbagai paguyuban itu antara lain Papua, Maluku, Jawa, Pasundan, Bali, Sulawesi dan daerah-daerah lain serta seluruh budaya yang ada di Sultra.

Bupati mengatakan pawai budaya dan seni merupakan upaya melestarikan karya luhur nenek moyang yang harus dipelihara dan dijunjung tinggi oleh setiap generasi. “Ini menjadi bentuk pemajuan kebudayaan, karena berasal dari kearifan lokal yang dimiliki suatu daerah,” tandas Ruksamin

Usai pawai budaya nusantara, dilanjutkan upacara peringatan hari jadi dengan pembina upacara Bupati Konawe Utara Dr. H. Ruksamin, ST.,M.Si.

Peringatan HUT Konut dihadiri Wakil Bupati Konawe Utara, Drs. H. Abu Haera, M.Si, jajaran forkopimda, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen otonomi daerah) Drs. Akmal Malik, M.Si dan Wakil Gubernur Sultra Dr. H. Lukman Abunawas, SH., MH., M.Si.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan deklarasi damai antar suku dan umat beragama agar selalu tercipta kerukunan dan kedamaian sehingga dapat menunjang pembangunan daerah, menuju konut yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

 

Penulis : Redaksi

Terkini