HEADLINE NEWSINTERNASIONALNEWS

Peringati 70 Tahun Kerjasama RI-AS, Kamar Dagang AS-Indonesia Gelar Forum Bisnis di New York

1020
×

Peringati 70 Tahun Kerjasama RI-AS, Kamar Dagang AS-Indonesia Gelar Forum Bisnis di New York

Sebarkan artikel ini
Wapres RI Jusuf Kalla berbicara pada forum bisnis yang digelar American Indonesian Chamber of Commerce (AICC) di New York, AS, Rabu 25/9. (Foto: VOA/Metrini)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan yang turut hadir juga menyampaikan kepada forum itu mengenai lingkungan, peluang bisnis di Indonesia dan langkah-langkah pemerintahan periode kedua Jokowi nantinya.

Luhut berpendapat, Indonesia dipandang sebagai mitra dagang strategis bagi pelaku bisnis Amerika di Asia Tenggara.

“Indonesia menjadi alternatif bagi investor Amerika karena banyak produk yang tidak kompetitif lagi dari China akibat tarif perang dagang,” katanya.

Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Amerika pada tahun 2018 tercatat sebesar 28 miliar dolar AS dengan nilai ekspor Indonesia sebanyak 20,8 miliar dolar AS.

Kepada Tim Voice of America (VOA) pada forum terpisah, Luhut menjelaskan adanya dana investasi sebesar 60 miliar dolar Amerika. Sebagian dana itu diharapkan bisa masuk ke Indonesia misalnya untuk pembângunan infrastruktur.

“Mereka punya Bill Act Fund sebesar 60 miliar dolar. Mereka akan masuk di bidang infrastruktur di Indonesia,” kata Luhut.

Melalui kerjasama yang dibangun setelah terlaksananya forum bisnis Indonesia-Amerika tersebut, diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor Indonesia 2 kali lipat dalam 5 tahun ke depan.

Seluruh pemangku kepentingan baik dari Indonesia maupun Amerika Serikat diharapkan dapat memanfaatkan momentum perdagangan saat ini untuk memaksimalkan potensi perdagangan bilateral dalam berbagai sektor.(mg)

You cannot copy content of this page