oleh

Peringati BIAN, Ketua PKK Kendari Fokuskan Pencegahan Dua Penyakit Ini

-NEWS-234 dibaca

KENDARI,MEDIAKENDARI.COM – Dalam rangka memperingati Bulan Imunisasi Nasional (BIAN) tahun 2022, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain, kunjungi SD 39 Kendari di Kecamatan Puuwatu pada Selasa, 19 Juli 2022.

Setelah memasuki batch kedua, program Pemerintah BIAN menargetkan anak-anak usia 9 bulan sampai 12 tahun untuk pencegahan Measles dan Rubella atau MR guna membentuk kekebalan tubuh.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikmudora Kota Kendari, Arnaldo mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam persiapan menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas.

Baca Juga : UHO Lantik 42 Pejabat Non-Struktural

“Walaupun saat ini penyelenggaraan PTM di Kota Kendari sudah berlangsung seratus persen tetapi kita inginkan anak kita ini memang siap untuk PTM, kita butuh imun mereka yang kuat, sehat,” tegasnya.

Ia menambahkan akan menargetkan 300 lebih Sekolah dasar dan Taman kanak-kanak pad bulan imunisasi kali ini.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Puwatu, dr Patma Yunita mengungkapkan saat ini di Kecamatan Puuwatu, imunisasi MR sudah mencapai 34 persen untuk SD dan Taman Kanak-kanak.

Dalam pelaksanaan imunisasi yang dilaksanakan saat bulan juni terdapat beberapa orang tua siswa yang menolak anaknya untuk diimunisasi. Olehnya itu, Patma menegaskan imunisasi yang diberikan bukanlah vaksinasi.

“Jenis imunisasi ini merupakan imunisasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga imunisasi ini bukan vaksinasi,” terangnya.

Baca Juga : Rektor UHO Bakal Pecat Dosen yang Memungut Tarif Ujian Skripsi

Ia menambahkan ditahap kedua ini siswa siswi cukup antusias dalam melakukan imunisasi, dan di SD 39 Kendari kurang lebih seratus anak yang telah melakukan imunisasi.

Ditempat sama, Kepala Sekolah SD 39 Kendari, Zainuddin mengatakan pihaknya menyambut baik adanya Bulan Imunisasi Nasional ini. Ia berharap agar orang tua siswa mendukung program pemerintah ini.

“Imunisasi ini bukan untuk ditakutkan karena program ini sangat baik dan bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak didik kita,” pungkasnya.

 

Reporter: Dila Aidzin