FEATUREDKONAWE SELATAN

Peringati HKBN, BPBD Konsel, USAID dan APIK Gelar Simulasi Penanganan Banjir

352
×

Peringati HKBN, BPBD Konsel, USAID dan APIK Gelar Simulasi Penanganan Banjir

Sebarkan artikel ini

LAEYA – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasiaonal (HKBN), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Selatan (Konsel) bekerja sama dengan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (APIK) menggelar simulasi evakuasi mandiri bencana banjir.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Syarif Sajang mengungkapkan, kolaborasi antara USAID, APIK dan BPBD Konsel dan warga Desa Laeya merupakan langkah bersama untuk membangun ketangguhan masyarakat.

“Kita ketahui, Desa Laeya merupakan daerah yang memiliki tingkat resiko bencana paling tinggi, semakin rentan dengan dampak perubahan iklim, untuk itu simulasi ini perlu dilakukan,” paparnya, Minggu (29/4/2018).

Tempat sama, Kepala BPBD Konsel, Adiwarsyah Toar menjelaskan, kegiatan tersebut melibatakan sekitar 350 anggota masyarakat dan siswa siswi SDN dan SMA dengan fokus pada bencana bajir.

“Puncak dari kegiatan ini adalah simulasi banjir,” ujarnya.

Adiwarsyah juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat Konsel tangguh bencana, juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bencana.

“Tentunya juga untuk meminimalisir kerugian termasuk mencegah jatuhnya korban jiwa,” tutupnya.


Reporter: Erlin
Editor: Kardin

You cannot copy content of this page